Senin, 17/05/2021 08:34 WIB

Pengacara Desak Kanada Tunda Ekstradisi CFO Huawei ke AS

Juru bicara Huawei, Benjamin Howes, pada Kamis (21/11) mengatakan bahwa perusahaan tersebut percaya ekstradisi gagal memenuhi standar kriminalitas ganda Kanada.

Logo perusahaan Huawei

New York, Jurnas.com - Pengacara Huawei Technologies Co Ltd meminta pengadilan Kanada segera menunda proses pengadilan untuk mengekstradisi Chief Financial Officer (CFO) Huawei, Meng Wanzhou ke Amerika Serikat (AS).

Juru bicara Huawei, Benjamin Howes, pada Kamis (21/11) mengatakan bahwa perusahaan tersebut percaya ekstradisi gagal memenuhi standar kriminalitas ganda Kanada.

Standar itu berarti tindakan yang diduga Meng ditangkap pada 2018 harus ilegal di kedua negara untuk diekstradisi.

Meng, 47, ditangkap di Bandara Internasional Vancouver pada 1 Desember atas permintaan Amerika Serikat, di mana ia didakwa melakukan penipuan bank dan dituduh menyesatkan bank HSBC tentang bisnis Huawei Technologies di Iran. Dia mengatakan dia tidak bersalah dan berjuang melawan ekstradisi.

Howes mengatakan perusahaan itu berargumen bahwa karena Kanada tidak memiliki sanksi terhadap Iran, pada saat pejabat Kanada yang berwenang memulai proses ekstradisi, kriminalitas ganda tidak dapat dipenuhi.

"Pengajuan tidak berusaha untuk menantang apakah fakta di balik logika tuduhan ini benar atau tidak," kata Howes dikutip dari CNA, mencatat bahwa perusahaan akan menantang ini selama sidang kecukupan yang akan diadakan pada bulan September 2020.

Pengacara Meng dianggap memiliki argumen yang masuk akal, tetapi masih terlalu dini, menurut pengacara ekstradisi Gary Gary Botting yang tidak terlibat dalam kasus tersebut.

"Mereka sedikit melompati senjata, karena seluruh gagasan sidang ekstradisi penuh adalah untuk menentukan apakah ada kriminalitas ganda atau tidak. Hakim harus mengatakan, `Cepat dan tunggu`," kata Botting.

Penangkapan Meng telah menegangkan hubungan China dengan Amerika Serikat dan Kanada. China menahan dua orang Kanada, Michael Kovrig, seorang mantan diplomat Kanada, dan pengusaha Michael Spavor, hanya beberapa hari setelah penangkapan Meng.

Spavor dan Kovrig masih ditahan di China, meskipun ada upaya diplomatik di pihak Kanada untuk membebaskan mereka.

TAGS : Huawei Kanada Meng Wangzhou Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :