Senin, 21/06/2021 20:00 WIB

Ini Kata Anggota Komisi IV DPR Soal Wacana Tak Ada Penenggelaman Kapal

Sampai saat ini kebijakan penenggelaman kapal illegal fishing sangat ampuh dan memberikan efek jera bagi para pelaku. Untuk itu, Suhardi Duka meminta Menteri Edy untuk tetap melanjutkan kebijakan tersebut.
 
 

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Demokrat, Suhardi Duka (Foto:Alfi Dimyati/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Demokrat, Suhardi Duka menanggapi pernyataan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo yang berencana menghentikan kebijakan penenggelaman kapal illegal fishing.

Menurutnya, ide Menteri Edy yang bakal memanfaatkan kapal illegal fishing yang ditangkap dan sudah inkraht untuk diberikan kepada nelayan memang bagus, namun, wacana itu dikhawatirkan tak memberikan efek jera bagi para pelaku illegal fishing.

"Ini sih bagus, tetapi saya khawatir hanya ngomong dan nanti (ketika) di proses hukum lepas satu-satu. (Jadi) sepanjang itu betul di umumkan ini kapal yang di tangkap, kemudian sesudah itu di berikan kepada nelayan indonesia untuk digunakan bisa saja," kata Suhardi Duka kepada Jurnas.com, Jumat (15/11/2019).

SDK melanjutkan, sampai saat ini kebijakan penenggelaman kapal illegal fishing sangat ampuh dan memberikan efek jera bagi para pelaku. Untuk itu, dia meminta Menteri Edy untuk tetap melanjutkan kebijakan tersebut.

"Masa lalu (periode Menteri Susi Pudjiastuti) nelayan Asing Takut masuk wilayah tangkap indonesia karena betul-betul Ibu susi tenggelamkan," katanya.

"Saya juga tidak setuju (wacana untuk tidak menenggelamkan kapal illegal fishing), lebih baik penenggelaman saja terus," kata SDK.

Pada kesempatan itu, SDK juga mendorong agar Menteri Edy merevisi berbagai peraturan yang memberatkan pelaku usaha perikanan dan nelayan.

"Yang perlu di perbaiki kebijakan (soal) eksport, Jangan terlalu banyak larangan (eskport ikan, Lobster dan lainnya) justru kebijakan impornya yang (harus) di buat ketat agar indonesia untuk indonesia," ujar dia.

Untuk diketahui, sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo menegaskan bahwa ke depan tidak akan ada lagi penenggelaman kapal.

Hal ini disampaikannya saat mengunjungi Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) di Jembatan II Barelang Batam, Kepulauan Riau, Rabu (13/11/2019).

"Tidak ada lagi penenggelaman kapal, saat ini kami lebih fokuskan pada pembinaan terhadap nelayan kita," ujar Edhy seusai mengikuti kegiatan simulasi peledakan kapal di PSDKP Batam, Rabu.

Edhy mengatakan, penenggelaman kapal merupakan terobosan yang baru dan sangat bagus yang digagas oleh mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Hanya saja, dalam kepemimpinannya, Edhy lebih fokus pada pembinaan terhadap nelayan Indonesia.

"Arahan Pak Presiden, kita harus menyejahterakan nelayan dan mengawal nelayan dalam melakukan penangkapan Ikan di laut Indonesia," kata Edhy.

TAGS : Komisi IV DPR RI Suhardi Duka Edhy Prabowo illegal fishing




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :