Selasa, 27/02/2024 07:21 WIB

Azis Syamsuddin Lantik Pimpinan BKSAP DPR

Dalam rapat penetapan pimpinan BKSAP yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin, disepakati Pimpinan BKSAP terdiri dari 1 Ketua dan 4 Wakil Ketua.

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin saat penetapan pimpinan BKSAP

Jakarta, Jurnas.com - Komposisi pimpinan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Periode 2019-2024 telah disepakati. Dalam rapat penetapan pimpinan BKSAP yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin, disepakati Pimpinan BKSAP terdiri dari 1 Ketua dan 4 Wakil Ketua.

Dalam rapat penetapan yang dilaksanakan di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin (4/11/2019), Anggota DPR RI dari F-Gerindra Fadli Zon terpilih sebagai Ketua BKSAP. Sementara empat wakil ketua yang disepakati adalah Charles Honoris (F-PDI Perjuangan), Putu Supadma Rudana (F-Demokrat),  Mardani (F-PKS), dan Achmad Hafisz Tohir (F-PAN).

Setelah disepakati secara aklamasi, Azis menyerahkan palu sidang secara simbolis kepada 5 pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang merupakan ujung tombak dalam menjalankan diplomasi Parlemen ini. Usai pelantikan, Ketua BKSAP Fadli Zon memimpin rapat pleno untuk menyusun agenda kerja BKSAP.

Fadli mengatakan, diplomasi Parlemen merupakan salah satu mandat DPR RI untuk mendukung politik luar negeri pemerintah. Karenanya, agenda kerja BKSAP ke depan akan fokus pada penyelesaian isu-isu regional maupun internasional agar sejalan dengan kepentingan nasional.

“BKSAP ini adalah tools atau alat dari diplomasi Parlemen, dan bagian dari first track diplomacy. Kita akan memetakan dulu tantangan kita di regional maupun bilateral dan juga isu lainnya. Diplomasi kita adalah diplomasi negara, jadi pasti  mendukung kepentingan nasional,” imbuh Fadli.

TAGS : Warta DPR Pimpinan DPR Aziz Syamsuddin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :