Minggu, 14/07/2024 23:53 WIB

Polusi Ubah Delhi Jadi Kamar Gas

Polusi udara di New Delhi dan kota-kota sekitarnya di India mencapai tingkat terburuk tahun ini

Seorang anak mengenakan masker di Ghaziabad di pinggiran Delhi (Foto: Anushree Fadnavis/Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Polusi udara di New Delhi dan kota-kota sekitarnya di India mencapai tingkat terburuk tahun ini, dengan otoritas di ibu kota yang paling tercemar di dunia telah menyatakan darurat kesehatan masyarakat dan sekolah-sekolah tertutup.

Indeks kualitas udara, yang mengukur tingkat PM2.5, partikel kecil di udara, memburuk hingga di atas 900, jauh di atas level 500 yang memenuhi syarat sebagai tingkat paling parah.

Hal itu mengancam kesehatan paru-paru sekitar 40 juta orang yang tinggal di wilayah ibukota. Selain itu, lebih dari 30 penerbangan dialihkan dari bandara Delhi karena visibilitas yang buruk.

Jalan-jalan tampak sepi ketika sejumlah besar orang tinggal di rumah, daripada mengekspos diri mereka sendiri ke atmosfer berbahaya di luar.

"Polusi telah mencapai tingkat yang tak tertahankan di India utara," kata Arvind Kejriwal, menteri utama Delhi, dalam sebuah pesan di twitter dikutip Archive.

Badan pemantauan lingkungan pemerintah SAFAR memperingatkan bahwa tidak ada bantuan yang diharapkan untuk satu atau dua hari ke depan, karena kelembaban dari hujan semalaman memperburuk polusi yang telah didorong lebih tinggi oleh pembakaran tanaman jerami musiman di negara-negara sekitarnya.

“Delhi telah berubah menjadi kamar gas ketika tingkat polusi mencapai kategori `parah`,” kata Sachin Taparia, kepala Lingkaran Lokal, sebuah konsultan berbasis di Delhi yang mensurvei kebijakan dan program pemerintah.

KEYWORD :

New Delhi Polusi Udara Kamar Gas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :