Sabtu, 20/04/2024 11:42 WIB

Menteri PPPA Minta Tokoh Agama Lindungi Perempuan dan Anak

Menteri Bintang mengajak agar para tokoh agama dan lembaga keagamaan ikut berperan dalam mewujudkan upaya perlindungan bagi perempuan dan anak.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmavati (kanan) dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid (kiri)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan, kerukunan antarumat beragama yang terjalin dengan baik dapat terwujud karena peran tokoh agama dan lembaga keagamaan.

Karena itu, Menteri Bintang mengajak agar para tokoh agama dan lembaga keagamaan ikut berperan dalam mewujudkan upaya perlindungan bagi perempuan dan anak.

"Tidak ada satu pun agama yang mengajarkan kekerasan, apalagi terhadap perempuan dan anak. Para tokoh agama dan lembaga keagamaan juga bisa berperan dalam melakukan pembinaan bagi jamaah atau para umat, keluarga dan masyarakat untuk melakukan upaya-upaya perlindungan bagi perempuan dan anak," kata Bintang di Jakarta pada Minggu (3/11).

Menteri PPPA menambahkan, keberagaman dan kebhinekaan di Indonesia harus dijalin dengan baik. Sebagai penganut Hindu yang yang hidup di tengah mayoritas Islam, Bintang merasa nyaman berada di Indonesia.

"Tugas kita semua adalah bagaimana membina kerukunan tersebut agar semakin lebih baik. Mari kita hormati keberagaman, jaga Negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila," tutur dia.

Senada dengan Menteri Bintang, Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid mengatakan bahwa kerukunan merupakan modal berharga bagi bangsa Indonesia.

Kedewasaan berpikir seluruh umat beragama dan peran tokoh agama dalam menyebarluaskan nilai-nilai agama juga sangat penting untuk menjaga persatuan bangsa.

"Perlu kedewasaan berpikir para pemeluk agama dengan pemahaman moderasi beragama yang komprehensif, sehingga dapat mencegah berkembangnya pemahaman radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme," kata Zainut.

"Hal ini juga harus didukung dengan peran tokoh agama dalam melakukan syiar melalui berbagai macam media yang telah berkembang di era tekonogi ini," imbuh dia.

KEYWORD :

Menteri PPPA Bintang Puspayoga Tokoh Agama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :