Minggu, 25/02/2024 15:38 WIB

Iran Waspadai Gerakan AS dan Sekutunya

AS dan dinas intelijen Barat, yang dibiayai negara-negara reaksioner tertentu di kawasan itu, berada di balik insiden semacam itu.

Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Ali Khamenei (Foto: Tehran Time)

Teheran, Jurnas.com - Pemimpin Revolusi Islam Iran, Ayatullah Sayyid Ali Khamenei mengatakan, Amerika Serikat (AS) dan layanan mata-mata Barat, yang didanai negara-negara reaksioner tertentu di kawasan itu, telah mengobarkan gejolak dan rasa tidak aman di negara kawasan lain.

Pada upacara kelulusan taruna Angkatan Darat di Akademi Pertahanan Udara Khatam al-Anbia di Teheran pada Rabu (30/10), Ayatullah Khamenei menyerukan kewaspadaan terhadap rencana musuh semacam itu.

Ayatullah Khamenei menggambarkan rasa tidak aman sebagai kerusakan terbesar yang bisa diderita suatu negara, peringatan terhadap plot yang dikejar musuh untuk merampok negara-negara keamanan regional.

Unsur-unsur yang memicu permusuhan berbahaya seperti itu diketahui, kata Pemimpin, menambahkan bahwa AS dan dinas intelijen Barat, yang dibiayai negara-negara reaksioner tertentu di kawasan itu, berada di balik insiden semacam itu.

Ayatullah Khamenei membuat pernyataan tersebut mengacu pada serangan protes terbaru yang telah mencengkeram Irak dan Lebanon selama beberapa minggu.

Ia mengatakan, negara Irak dan Lebanon perlu tetap waspada dan menyadari bahwa musuh sebenarnya bermaksud untuk mengganggu struktur hukum domestik mereka dan menciptakan kekosongan di negara-negara itu, menasihati orang-orang di kedua negara untuk menindaklanjuti tuntutan sah mereka melalui hukum saluran.

"Prioritas utama bagi mereka adalah untuk mengatasi rasa tidak aman," kata Ayatullah Khamenei, dalam pidatonya kepada mereka yang peduli akan kesejahteraan rakyat Irak dan Lebanon.

Ia mengingat Iran telah menjadi target konspirasi yang sama di masa lalu, tetapi negara itu berhasil menggagalkan plot-plot itu berkat kewaspadaan negara dan kesiapan Angkatan Bersenjatanya.

Ayatullah Khamenei lebih lanjut menyarankan bangsa Iran dan Angkatan Bersenjata untuk tidak menaruh kepercayaan mereka pada musuh, dan meminta mereka terus memantau semua gerakan musuh.

Angkatan Bersenjata juga harus berhati-hati tentang ancaman serius penghasutan dan bersiap untuk menghadapinya, tambah Pemimpin.

TAGS : Ayatullah Sayyid Ali Khamenei mengatakan Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :