Minggu, 13/06/2021 18:37 WIB

Menkes Terawan Diharapkan Bisa Wujudkan Indonesia Sehat

Menkes Letjen TNI Dr. dr. Terawan Agus Putranto diharapkan mampu memperbaiki berbagai persoalan kesehatan di Indonesia. Sehingga, cita-cita Indonesia sehat dapat terwujud.

Wakil Ketua Komisi IX DPR, Putih Sari

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Kesehatan (Menkes), Letjen TNI Dr. dr. Terawan Agus Putranto diharapkan mampu memperbaiki berbagai persoalan kesehatan di Indonesia. Sehingga, cita-cita Indonesia sehat dapat terwujud.

Harapan itu disampaikan anggota Komisi IX DPR drg. Putih Sari, kepada wartawan, Minggu (27/10). Menurutnya, soal kesehatan termasuk permasalahan yang sangat penting dan harus segera ditangani, karena menyangkut kebutuhan dasar masyarakat.

"Dengan terpilihnya dokter Terawan sebagai Menkes, semoga cita-cita Indonesia sehat bisa diwujudkan," kata Putih.

Misalnya, kata Putih, pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terdapat banyak kekurangan, yakni antrian pasien di rumah sakit yang masih panjang.

"Moral hazard dari penyedia layanan kesehatan, keluhan obat yang tidak tersedia sehingga masyarakat banyak yang harus mengeluarkan biaya tambahan," terangnya.

Sebagai mantan kepala RSPAD, Putih mengatakan, Terawan berpengalaman menyikapi kondisi faktual rumah sakit di era JKN. Putih Sari juga menyinggung, kondisi kesehatan masyarakat saat ini.

Selain stunting dan gizi buruk, ada beberapa beban penyakit yang masih tinggi di Indonesia. Dikatakan, bergesernya penyakit menular ke arah penyakit tidak menular menjadi penyebab kematian terbanyak di Indonesia, namun juga penyakit menular yang masih belum bisa ditangani dengan baik juga banyak seperti demam berdarah, HIV dan TBC.

"Indonesia menduduki peringkat ke-3 di dunia dalam jumlah kasus penderita TBC, tapi pendeteksian, pengobatan, dan perawatannya masih minim," tutur Putih.

TAGS : Kabinet Indonesia Maju Menteri Kesehatan Dokter Terawan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :