Minggu, 23/01/2022 10:16 WIB

Jokowi Kembali Percaya Retno Marsudi Jadi Menlu

Retno Lestari Priansari Marsudi atau lebih dikenal dengan sapaan Bu Retno kembali dipilih dalam jajaran menteri kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo 

Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri (Foto: Screen KompasTV)

Jakarta, Jurnas.com – Retno Lestari Priansari Marsudi atau lebih dikenal dengan sapaan Bu Retno kembali dipilih dalam jajaran menteri kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024. Retno kembali dipercaya menjadi Menteri Luar Negeri (Menlu) yang juga dijabat pada periode sebelumnya.

Wanita kelahiran 27 November 1962 itu merupakan perempuan Indonesia pertama yang menjadi Menlu saat menjabat pada 2014 lalu. Sebelumnya dia menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda di Den Haag.

Selama menjabat sebagai Menlu, Retno berhasil menorehkan prestasi di kancah dunia, salah satunya mendapatkan penghargaan sebagai agen perubahan di bidang Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan pada 2017. Penghargaan tersebut diberikan oleh UN Women dan Partnership Global Forum (PGF).

Selain Menlu, Ia juga pernah diangkat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Norwegia dan Islandia. Selama masa tugasnya, ia memperoleh penghargaan Order of Merit dari Raja Norwegia pada Desember 2011 lalu.

Untuk riwayat pendidikan, wanita berusia 56 tahun itu menempuh pendidikan menengah atasnya di SMA Negeri 3 Semarang sebelum akhirnya memperoleh gelar S1nya di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada tahun 1985. Ia lalu memperoleh gelar S2 Hukum Uni Eropa di Haagse Hogeschool, Belanda.

 

 

TAGS : Retno Marsudi Menteri Luar Negeri Kabinet Indonesia Maju




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :