Senin, 20/09/2021 03:42 WIB

Masuk Kabinet Lagi, Bambang Brodjonegoro Jadi Menristek

Salah satu dari nama tersebut ialah Bambang Brodjonegoro, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), dan kini beralih sebagai Menteri Riset dan Teknologi atau Kepala Badan Riset Nasional (BRN).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro

Jakarta, Jurnas.com - Presiden RI Joko Widodo akhirnya resmi menunjuk para menteri yang akan membantunya melaksanakan pemerintah periode kedua 2019-2022.

Pengumuman para menteri tersebut dilakukan di halaman Istana Negara pada Rabu (23/10) pagi.

Namun tidak semua para menteri merupakan wajah baru. Setidaknya beberapa nama masih dipakai kembali oleh Jokowi, untuk menempati posisi menteri di periode kedua.

Salah satu dari nama tersebut ialah Bambang Brodjonegoro, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), dan kini beralih sebagai Menteri Riset dan Teknologi atau Kepala Badan Riset Nasional (BRN).

Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, kelahiran 3 Oktober 1966 berasal dari kalangan profesional. Dia pernah menjabat sebagai Menteri PPN/Bappenas periode 2016-2019.

Sebelum menjadi Menteri PPN, Bambang masuk ke dalam kabinet Jokowi sebagai Menteri Keuangan pada awal 2014. Namun dalam reshuffle 27 Juli 2016, dia menggantikan Sofyan Djalil sebagai Menteri PPN.

Bambang menyelesaikan pendidikan formal tingkat Strata 1 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1990. Konsentrasi bidang studi yang ditekuni adalah Ekonomi Pembangunan dan Ekonomi Regional.

Setahun berikutnya, Bambang melanjutkan pendidikan formal tingkat magister (1991-1993) pada University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, sekaligus melanjutkan program doktoral di universitas yang sama hingga 1995.

Bambang Brodjonegoro dikenal baik di dalam maupun di luar kalangan akademik. Sebagai akademisi, kariernya dimulai sebagai staf pengajar di FE UI hingga merangkak naik menjadi Ketua Jurusan Ekonomi hingga Dekan Fakultas Ekonomi UI.

Kepakaran dan keluasan pengalaman di bidang ekonomi, khususnya terkait desentralisasi wilayah, membuat Bambang sering diundang sebagai dosen atau guru besar tamu bagi banyak universitas di dalam dan luar negeri.

Di luar dunia akademik, nama Bambang Brodjonegoro juga dikenal mulai dari tingkat pasar modal hingga pemerintahan. Pria yang juga aktif dalam berbagai organisasi sosial ini sangat tidak asing dengan banyak Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN) seperti PT. PLN, PT. ANTAM, dan PT. TELKOM.

TAGS : Kabinet Indonesia Maju Bambang Brodjonegoro Menristek




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :