Kamis, 29/02/2024 21:40 WIB

Lestari Moerdijat Survivor Kanker Payudara jadi Pimpinan di MPR

Dibalik sosok aktifnya, ternyata Wakil Ketua MPR Lestari Moejirat sedang berupaya melawan kanker payudara, bagaimana perjuangannya?

Lestari Moerdijat Wakil Ketua MPR Periode 2019-2024 yang juga seorang penyintas kanker (Foto: Muti/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Setiap perempuan kuat dan berdaya, agaknya keyakinan itulah yang membuat sosok perempuan Lestari Moerdijat tetap optimis dalam menjalani serangkaian pengolahan kanker payudara.

Perempuan kelahiran Surabaya ini seorang penyintas kanker payudara. Pada tahun 2016, Lestari yang disapa Rerie didiagnosa mengidap kanker payudara HER2 Positif.

Tahun 2016 merupakan tahun terberat bagi Rerie. Pada usianya yang tepat menginjak 49 tahun, ia divonis oleh dokter mengidap kanker payudara HER2 Positif.

Namun, hal tersebut tak membuat ia patah semangat. Ia kemudian berhasil melewati fase tersulitnya dengan langsung mengoperasi serta menjalani perawatan kanker di Singapura.

Semangat Rerie dalam memerangi kanker yang dideritanya memang sangat luar biasa. "Bisa dibayangkan sudah sekian kali tak terhitung menjalani pemeriksaan demi pemeriksaan, kemo demi kemo," ucapnya saat di temui Jurnas.com di acara Gala Dinner YKPI, Kamis ( 10/10).

Hal yang dialaminya itu tak membuatnya rendah diri. Lestari malah menjadi aktif, ia kerap terlibat dalam kampanye berjuang melawan kanker payudara lewat Komunitas Sahabat Lestari.

Tak hanya sedang berjuang untuk sembuh, Rerie merupakan pendatang baru di parlemen. Dia diusung partainya Nasdem duduk di kursi jajaran pimpinan MPR periode 2019-2024. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menunjuk langsung perempuan kelahiran 30 November 1967 itu menjadi pimpinan MPR.

Berkat dukungan dari keluarga dan kerabat, Rerie kini aktif komunitas Sahabat Lestari, di mana melalui komunitas tersebut ia mengkampanyekan perjuangan untuk melawan kanker payudara kepada masyarakat.

Sebagai informasi, bulan peduli kanker payudara diperingati di seluruh dunia setiap bulan Oktober. Sebagai organisasi nirlaba, Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) memperingatinya dengan pelbagai kegiatan. Salah satunya menggelar Pita Pink Fun Walk di kawasan car free day Sudirman Jakarta (13/10). 

TAGS : Survivor Kanker Lestari Moerdijat Kanker Payudara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :