Jum'at, 26/04/2024 14:41 WIB

Pelajar Janjian Demo via Medsos, Ini Kata KPAI

Untuk mencegah kemungkinan rusuh lantaran keterlibatan para pelajar putih abu-abu, KPAI telah mengambil sikap.

Para siswa sekolah menengah atas yang mengikuti aksi unjuk rasa (Foto: Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Hari ini beredar foto di media sosial sejumlah anak sekolah berseragam putih abu-abu turut melakukan aksi di Gedung DPR RI.

Menyikapi keterlibatan anak sekolah, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyayangkan dan prihatin lantaran anak-anak berseragam sekolah putih abu-abu ikut melakukan aksi demo di Gedung DPR RI.

Komisioner Pendidikan KPAI Retno Listiarti mengatakan anak-anak sekolah ini melakukan aksi dengan janjian melalui media sosial. Saat ini terdeteksi berasal dari Bekasi, Depok dan Jakarta Utara. Sebagian besar di duga siswa SMK (STM);

Berikut langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh KPAI:

1. KPAI sudah berkoordinasi dengan pejabat Kemdikbud RI, yaitu Ibu Dian Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kemdikbud agar dapat segera disikapi ke Dirjen Dikdasmen demi melindungi anak-anak karena aksi tersebut berpotensi rusuh.

2. KPAI sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, yaitu Bapak Ratiyono. KPAI meminta agar Kepala Disdik Jakarta membuat surat edaran melalui aplikasi WhatsApp kepada seluruh Kepala Sudin Pendidikan di seluruh DKI Jakarta agar para kepala sekolah segera melakukan komunikasi berantai melalui wali-wali kelas ke para orangtua seluruh siswa untuk mendeteksi keberadaan anak-anaknya.

4. KPAI, Kemdikdikbud dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta akan segera menyikapi. Untuk Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (SMA/SMK kewenangannya di provinsi) belum terhubung dengan KPAI. Kami meminta Kemdikbud membantu menghubungi juga.

KEYWORD :

Anak Sekolah Aksi Demo Sikap KPAI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :