Sabtu, 20/04/2024 17:50 WIB

Kementan dan KTNA Serukan Lumbung Pangan Dunia di Pekanbaru

Pentingnya dukungan kelompok Kontak KTNA dalam mewujudkan kedaulatan pangan menuju Indonesia lumbung pangan dunia.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi dalam sambutanya di Rembug Utama, Ekspo dan HUT KTNA ke 48 di Pekanbaru, Minggu (22/9).

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menegaskan pentingnya dukungan kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dalam mewujudkan kedaulatan pangan menuju Indonesia lumbung pangan dunia.

"Kita lihat ekspor pertanian meningkat tajam. Dan ini baru terjadi di empat tahun terakhir. Ini juga salah satu parameter keberhasilan pembangunan pertanian karena nilai investasi naik secara signifikan. Tentu semua ini berkat dukungan semua pihak, termasuk KTNA," ujar Dedi dalam sambutanya di Rembug Utama, Ekspo dan HUT KTNA ke 48 di Pekanbaru, Minggu (22/9).

Dedi menjelaskan, banyak capaian yang dicapai Kementan selama 5 tahun ini adalah hasil kerjasama yang apik dengan berbagai pihak. Termasuk dalam hal peningkatan Pendapatan Domestik Bruto (PDB), pengendalian inflasi, serta peningkatan NTP-NTUP.

"Artinya apa, petani juga menikmati hasil dari peningkatan pendapatan sektor pertanian ini. Kemudian kita juga bisa berbica banyak pada penurunan penunduk miskin yang sebagian besar berada di pedesaan," katanya.

Terkait penduduk miskin, kata Dedi, pemerintah sudah berupaya menekan angka kemiskinan yang ada dengan mengeluarkan kebijakan dan program trobosan. Program itu di antaranya Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi), Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja), serta peningkatan produksi melalui upsus dan SIWAB.

"Untuk program bekerja kami memberikan 50 ekor ayam kepada rumah tangga miskin, kemudian juga pemberian bibit dan benih unggul yang sudah tersertifikasi. Lalu ada juga program pendampingan baik kepada petani maupun generasi muda," katanya.

Terkait hal ini, Ketua KTNA Winarno Tohir menyampaikan terimakasih atas kehadiran dan dukungan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian sebagai pionir penjaga ketahanan pangan pada HUT KTNA yang ke-48 di Pekanbaru.

"Pertama tentu saja mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih atas kehadiran pemeritah, dalam hal ini kementerian Pertanian. Kemudian yang paing penting adalah kita harus memaksimalkan kualitas dan kuantitas produk lokal menuju lumbung pangan dunia. Untuk itu, mari kita jaga bersama," katanya.

KEYWORD :

Lumbung Pangan KTNA Dedi Nursyamsi Winarno Tohir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :