Jum'at, 28/01/2022 15:17 WIB

Gedung Putih Pastikan Trump Tetap Bertemu Rouhani

Padahal Washington pada Minggu (15/9) kemarin menuding Iran sebagai dalang atas serangan drone yang menargetkan pabrik minyak Arab Saudi.

Gedung Putih (Foto: Via IRNA)

Washinton, Jurnas.com - Pusat pemerintahan Amerika Serikat, Gedung Putih, memastikan bahwa Presiden AS Donald Trump tetap akan bertemu dengan Presiden Iran, Hassan Rouhani.

Padahal Washington pada Minggu (15/9) kemarin menuding Iran sebagai dalang atas serangan drone yang menargetkan pabrik minyak Arab Saudi.

Konselor Gedung Putih dalam sebuah wawancara dengan Fox News Sunday mengatakan, Trump akan tetap mempertimbangkan saran pertemuan dengan Iran di Sidang Majelis Umum PBB di New York, AS.

"Namun syarat harus selalu tepat bagi presiden untuk membuat kesepakatan atau menentukan pertemuan," ujar Conway dilansir dari CNA pada Senin (16/9).

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo menuduh Iran sebagai dalang serangan terhadap pabrik minyak Saudi, yang menyebabkan pemangkasan setengah dari produksi kerajaan. Washington juga mengabaikan keterlibatan Yaman, dan serta-merta mengecam Teheran karena terlibat dalam diplomasi palsu.

Sementara di sisi lain, kelompok militer Houthi telah mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap dua pabrik di jantung industri minyak Arab Saudi, termasuk fasilitas pemrosesan minyak bumi terbesar di dunia. Namun, Pompeo mengatakan di Twitter bahwa tidak ada bukti serangan datang dari Yaman.

"Teheran berada di balik hampir 100 serangan terhadap Arab Saudi sementara Rouhani dan Zarif berpura-pura terlibat dalam diplomasi," kata Pompeo, merujuk pada Presiden Iran Hassan Rouhani dan Menteri Luar Negeri Mohammed Javad Zarif.

"Di tengah semua seruan untuk de-eskalasi, Iran kini telah meluncurkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap pasokan energi dunia," tambahnya dikutip dari CNA pada Minggu (15/9).

"Kami menyerukan semua negara untuk secara terbuka dan tegas mengutuk serangan Iran," tegas Pompeo.

TAGS : Iran Amerika Serikat Gedung Putih




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :