Sabtu, 03/12/2022 19:28 WIB

Peristiwa Sejarah 30 Agustus

Pada 30 Agustus 1994, korporasi Lockheed dan Martin Marietta menyetujui merger yang akan menciptakan kontraktor pertahanan AS terbesar.

Pada 30 Agustus 1994, korporasi Lockheed dan Martin Marietta menyetujui merger yang akan menciptakan kontraktor pertahanan AS terbesar.

Jurnas.com - Tanggal 30 Agustus yang jatuh pada hari ke-242 (hari ke-243 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah diantaranya:

30 SM - Cleopatra, ratu Mesir dan kekasih Julius Caesar dan Mark Antony, bunuh diri setelah kekalahan pasukannya oleh Oktavianus, kaisar pertama masa depan Roma.

1574 - Guru Ram Das menjadi Guru Sikh keempat.

1780 - Jenderal Benediktus Arnold mengkhianati Amerika Serikat ketika dia berjanji diam-diam untuk menyerahkan benteng di West Point kepada tentara Inggris. Dia melarikan diri ke Inggris dan mati dalam kemiskinan.

1918 - Lenin ditembak oleh Fanya Kaplan, seorang revolusioner. Lenin selamat tetapi kesehatannya menjadi menurun.

1933 - Air France didirikan.

1941 - Pengepungan Leningrad dimulai.

1954 - Badai Carol mendorong evakuasi di sepanjang pantai Carolina Utara. Badai itu kemudian menghancurkan negara-negara di sepanjang pesisir timur laut utara dan menewaskan 72 orang.

1967 - Pencalonan Thurgood Marshall ke Mahkamah Agung AS dikonfirmasi. Marshall adalah orang Afrika-Amerika pertama yang duduk di pengadilan.

1983 - Guion Bluford menjadi astronot Afrika-Amerika pertama di luar angkasa.

1991 - Azerbaijan merdeka dari Uni Soviet.

1994 - Korporasi Lockheed dan Martin Marietta menyetujui merger yang akan menciptakan kontraktor pertahanan AS terbesar.

1999 - Rakyat Timor Timur mengikuti referendum yang diselenggarakan oleh PBB melalui misinya UNAMET untuk menentukan kemerdekaan.

2003 - Lebih dari 120 orang, termasuk ulama Syiah terkemuka Ayatollah Mohammad Baqir al-Hakim, tewas dalam serangan bom di Masjid Imam Ali di Irak.

2004 - Terbentuknya Masyarakat Komputasi Indonesia.

2007 - Putusan Kasasi Mahkamah Agung Menghukum TIME Rp. 1 Triliun dalam Perkara Soeharto vs. TIME INCA. Asia cs.

2011 - Dua pejabat senior Departemen Kehakiman AS yang ditugasi mengawasi operasi "sengatan" penyelundupan senjata pemerintah yang gagal dijuluki "Fast and Furious" digantikan di tengah kritik kongres yang pahit terhadap misi tersebut. Rencananya adalah untuk menyerahkan ribuan senjata kepada tersangka penyelundup senjata Meksiko dan melacaknya kepada para pemimpin narkoba, tetapi ratusan senjata api hilang, beberapa muncul di tempat kejadian kejahatan, termasuk pembunuhan agen Patroli Perbatasan AS tahun 2010.

2018 - Film Roma dan The Favorit, baik Academy Award Best Picture nominasi , perdana di Festival Film Venice.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Agustus




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :