Rabu, 19/06/2024 15:15 WIB

Brazil Kerahkan Pasukan Tambahan Atasi Kebakaran Hutan Amazon

Presiden Donald Trump pada hari Jumat menawarkan untuk membantu Brasil memerangi kebakaran hutan hujan Amazon.

Kebakaran hutan Amazon (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengerahkan pasukan untuk memerangi kebakaran yang memakan jutaan hektar hutan hujan Amazon, Sabtu (24/08) waktu setempat.

Dilansir UPI, pejabat militer Brasil mengirim dua pesawat kargo C-130 ke negara bagian barat laut Rondônia. Pasukan diharapkan untuk membantu upaya pemadaman api di sana dan di negara bagian Pará, Tocantins, Roraima, Acre dan Mato Grosso.

Para pejabat militer mengatakan satuan tugas akan menentukan bagaimana angkatan bersenjata dapat membantu dalam pertempuran.

Sebelumnya, Bolsonaro pada Jumat mengumumkan niatnya agar militer Brasil turun tangan untuk membantu lembaga-lembaga darurat dan lingkungan mengatasi kebakaran, dan ia memperingatkan kekuatan asing agar tidak ikut campur.

"Amazon Brasil adalah warisan rakyat kami, yang akan kami lindungi dari ancaman mereka yang merusak hutan dengan tindakan ilegal dan akan bereaksi terhadap mereka yang berniat melanggar kedaulatan kami," kata pengumuman Bosonaro.

Presiden Donald Trump pada hari Jumat menawarkan untuk membantu Brasil memerangi kebakaran hutan hujan Amazon.

Trump mengatakan bahwa hubungan Amerika Serikat dengan negara Amerika Selatan itu "mungkin lebih kuat dari sebelumnya" dalam sebuah tweet di mana ia menawarkan bantuan setelah ia berbicara dengan Bolsonaro.

"Prospek perdagangan kami di masa depan sangat menarik dan hubungan kami kuat, mungkin lebih kuat dari sebelumnya," twitt Trump.

"Saya mengatakan kepadanya jika Amerika Serikat dapat membantu kebakaran hutan hujan Amazon, kami siap membantu!"

Sehari sebelumnya seorang pejabat Perancis mengatakan bahwa Presiden Emmanuel Macron berencana menentang kesepakatan perdagangan dengan Brasil karena peran Bolsonaro dalam deforestasi di negara itu.

Amnesty International juga mendesak Bolsonaro pada hari Kamis untuk mengambil tindakan, menambahkan bahwa dia bertanggung jawab karena dia menerapkan langkah-langkah untuk melemahkan perlindungan deforestasi.

Trump dan Bolsonaro, populis sayap kanan, telah mengadvokasi penggunaan sumber daya alam yang sebelumnya dilindungi.

Hutan hujan Amazon Brasil telah terbakar pada tingkat rekor , data satelit dari Institut Nasional Brasil untuk Penelitian Luar Angkasa menunjukkan Selasa dengan 72.843 kebakaran di Brasil tahun ini, lebih dari setengahnya ada di wilayah Amazon. Jumlah kebakaran hutan tahun ini meningkat 84 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Kota terpadat di negara itu, Sao Paulo, berada dalam kegelapan hari Senin setelah asap dari kebakaran hutan hujan Amazon dikombinasikan dengan pola cuaca untuk membentuk awan hitam tebal yang bergerak di atas wilayah tersebut.

KEYWORD :

Hutan Amazon Kebakaran Hutan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :