Sabtu, 20/04/2024 14:52 WIB

Cek Keselamatan Pelayaran Kapal Tradisional, KSOP Muara Angke Sidak Pelabuhan Kali Adem

Kepala KSOP Kelas IV Muara Angke Capt. Handry Sulfian (tiga dari kiri) dan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Lupito (dua dari kiri) saat sidak Pelabuhan Kali Adem Jakarta Utara, Sabtu (24/8).

 

Jakarta, Jurnas.com  - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muara Angke siap mengawal keselamatan pelayaran bagi kapal-kapal tradisional yang mengangkut wisatawan berlibur ke Pulau Seribu dari Pelabuhan Kali Adem, Jakarta Utara.

Demikian disampaikan Kepala KSOP Kelas IV Muara Angke, Capt. Handry Sulfian saat melakukan sidak bersama Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo terkait upaya pengaturan alur penumpang dan kapal di Pelabuhan Kali Adem, Jakarta Sabtu (24/8).

Capt. Handry mengatakan, saat ini Pelabuhan Kali Adem sedang dalam proses revitalisasi kawasan, termasuk pembangunan gedung kantor Unit Pengelola Angkutan Perairan dan Kepelabuhanan (UP APK) Dinas Perhubungan DKI Jakarta sehingga perlu dilakukan penataan dan pelayanan bersifat sementara untuk memudahkan para calon penumpang yang hendak bepergian ke kawasan Kepulauan Seribu.

"Sekarang sudah ada penambahan loket penjualan tiket bagi calon penumpang yang hendak membeli tiket kapal secara langsung di pelabuhan," kata Capt Handry.

Sebelumnya, kata Capt. Handry, jumlah loket penjual tiket secara langsung sangat terbatas dan kurang representatif, sehingga ketika musim-musim peak season terlihat tak teratur, bahkan cenderung semerawut.

"Mulai hari ini juga, kami bersama Dinas Perhubungan melakukan pengaturan alur penumpang dan kapal agar lebih tertib dan meningkatkan aspek keselamatan pelayaran," katanya.

Capt. Handry menjelaskan bahwa Pelabuhan Kali Adem merupakan salah satu Pelabuhan yang masuk dalam 6 Pelabuhan Pilot Project peningkatan Keselamatan Pelayaran bersama dengan Pelabuhan Tanjung Pinang, Tarakan, Bau-Bau, Tulehu dan Surabaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, sidak yang dilakukan hari ini untuk lebih memastikan pelayanan terhadap masyarakat yang hendak bepergian ke Kepulauan Seribu terlayani dengan baik dengan tetap mengutamakan aspek kesematan pelayaran.

"Pelabuhan Kali Adem adalah pelabuhan yang banyak diminati oleh masyarakat yang hendak melalukan perjalanan atau berwisata ke Kepulauan Seribu. Jadi, meskipun kawasan Pelabuhan Kali Adem masih dalam tahap perbaikan, keamanan dan kenyamanan calon penumpang tetap terjaga dengan baik," kata Syafrin.

Menurutnya, berdasarkan pantauan langsung hari ini, pelayanan terhadap penumpang dan kapal sudah cukup baik. Alur penumpang sejak dari loket tiket hingga ke dermaga dan masuk ke kapal telah berjalan dengan baik dan kondusif.

"Kapal-kapal yang akan diberangkatkan juga bersandar dengan baik dan tertata dengan pemisahan sandar bagi kapal-kapal tradisional dengan kapal-kapal cepat, termasuk kapal-kapal milik Dinas Perhubungan," katanya.

"Kami juga tetap mewajibkan seluruh penumpang memakai life jacket selama dalam pelayaran untuk meningkatkan keselamatan pelayaran," tutup Syafrin.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Tata Usaha KSOP Kelas III Sunda Kelapa M. Ridwan, Kepala Unit Pengelola Angkutan Perairan dan Kepelabuhanan (UP APK) Dinas Perhubungan DKI Jakarta M Faris Budiman, unsur TNI dan Polri setempat, serta pihak terkait lainnya.

 

KEYWORD :

KSOP Muara Angke Pelabuhan Kali Adem Dinas Perhubungan DKI Jakarta Kepulauan Seribu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :