Rabu, 24/07/2024 18:33 WIB

AS akan Bela Kepentingannya di Venezuela

Amerika Serikat sedang mempertimbangkan blokade atau karantina terhadap negara Amerika Latin itu.

Bendera Venezuela (foto: upi.com)

Washington, Jurnas.com - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) siap bertindak demi kepentingan Washington di Venezuela. Demikian kata Kepala Komando Selatan AS, Laksamana Craig di kota Brasil Rio de Janeiro saat AS memulai latihan maritim tahunan UNITAS.

"Saya tidak akan berbicara dengan detail tentang apa yang kami rencanakan dan apa yang kami lakukan, tetapi kami tetap siap untuk mengimplementasikan keputusan kebijakan dan kami tetap pada kaki kami," kata Faller kepada wartawan.

Ia lebih lanjut membual tentang kekuatan militer AS, mengklaim bahwa angkatan laut Gedung Putih siap untuk melakukan apa punya untuk dibela.

"Angkatan Laut AS adalah angkatan laut paling kuat di dunia. Jika keputusan kebijakan dibuat untuk mengerahkan angkatan laut, saya yakin bahwa kita akan dapat melakukan apa yang perlu dilakukan," katanya.

Ia berjanji bahwa AS akan menggulingkan pemerintahan Presiden Venezuela, Nicolás Maduro.

"Fokus pemerintah AS terus memberikan tekanan yang terfokus dan ditargetkan pada pemerintah yang tidak sah untuk memastikan ada transisi ke pemerintah yang demokratis dan sah," kata Faller.

Presiden AS, Donald Trump sebelumnya menegaskan, pemerintahannya sedang mempertimbangkan blokade atau karantina terhadap negara Amerika Latin itu.

Faller lebih jauh membual bahwa latihan militer UNITAS akan "mengirim pesan" ke seluruh dunia.

"Latihan-latihan angkatan laut mengirim pesan kepada dunia tentang apa yang dapat dilakukan oleh negara-negara demokrasi yang bekerja sama di berbagai ancaman yang kompleks," katanya.

Menurut Dan Kovalik, seorang penulis dan analis politik di Pennsylvania, AS melancarkan perang ekonomi habis-habisan terhadap rakyat Venezuela hanya karena mereka menolak tokoh oposisi yang didukung AS Juan Guaido dan menolak menggulingkan Presiden Maduro.

KEYWORD :

Amerika Serikat Juan Guaido Amerika Latin Nicolas Maduro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :