Kamis, 18/07/2024 02:03 WIB

Suplai Pasokan Astronot, Rusia Kirim Kapal Kargo Ruang Angkasa

Pesawat kargo Progress MS-12 berhasil ditempatkan di orbit setelah diluncurkan dari Kazakhstan pada Rabu (31/7) waktu setempat.

Ilustrasi stasiun luar angkasa (Foto: Fox)

Moskow, Jurnas.com - Badan Antariksa Federal Rusia, Roscosmos, mengatakan, Moskow berhasil meluncurkan pesawat kargo ruang angkasa ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Dalam sebuah pernyataan, Roscosmos mengatakan, pesawat kargo Progress MS-12 berhasil ditempatkan di orbit setelah diluncurkan dari Kazakhstan pada Rabu (31/7) waktu setempat.

Kargo yang diluncurkan dengan roket pembawa Soyuz-2.1 akan menyalurkan pasokan yang dibutuhkan para astronot yang bekerja di ISS.

"Peluncuran dilakukan dalam kondisi normal," kata Roscosmos, dilansir dari Anadolu.

Pesawat ruang angkasa itu mengangkut 1,2 ton kargo kering, lebih dari satu ton bahan bakar, 420 kilogram air dan 50 kilogram gas yang terkompresi dalam silinder.

Badan antariksa itu mengatakan, kompartemen kargo juga dikemas dengan peralatan ilmiah, komponen untuk sistem pendukung kehidupan serta wadah berisi makanan, pakaian, obat-obatan dan produk-produk kebersihan pribadi.

Tim internasional yang saat ini beroperasi di ISS terdiri dari dua astronot Rusia Alexey Ovchinin dan Alexandre Skvortsov. Selain itu ada juga Nick Hague, Christina Cook dan Andrew Morgan dari AS dan Luca Parmitano dari Italia.

ISS adalah satu-satunya laboratorium luar angkasa, di mana anggota kru dari berbagai bidang ilmiah melakukan percobaan dan menjelajahi berbagai segi ruang.

KEYWORD :

Pesawat Kargo Ruang Angkasa Rusia Soyuz-2.1




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :