Sabtu, 20/04/2024 10:28 WIB

Trump Pisahkan 900 Anak dan Orang Tua Sejak Juni 2018

911 anak-anak menambah lebih dari 2.700 yang dipisahkan dari keluarga mereka antara Mei dan 20 Juni 2018.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump (Foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Serikat Kebebasan Sipil Amerika mengatakan kepada seorang hakim federal bahwa administrasi Trump telah memisahkan lebih dari 900 anak-anak dari orang tua mereka di perbatasan AS-Meksiko pada tahun sejak pengadilan menetapkan perintah untuk membatasi praktik tersebut.

Pada akhir Juni 2018, Hakim federal Dana M. Sabraw mengeluarkan perintah nasional untuk sementara menghentikan administrasi Trump dari memisahkan anak-anak migran dari keluarga mereka kecuali jika orang tua tidak cocok atau menimbulkan bahaya bagi anak.

Tetapi sejak itu, 911 anak-anak telah dikeluarkan dari 844 orang tua "berdasarkan sejarah kriminal kecil, tuduhan yang sangat meragukan tentang ketidaksaksian dan kesalahan dalam mengidentifikasi hubungan orangtua-anak yang bonafid," kata ACLU dalam pengajuan pengadilan dilansir UPI.

Pelanggaran lalu lintas, kerusakan properti ringan, pelanggaran pelanggaran yang dilakukan secara tidak teratur dan penangkapan tanpa dakwaan telah membenarkan negara yang memisahkan anak-anak dari orang tua mereka, ACLU mengatakan dalam argumen bagi hakim untuk mengklarifikasi aturan untuk memisahkan keluarga.

Dalam satu kasus, seorang ayah dipisahkan dari putrinya yang berusia 1 tahun karena dia dianggap tidak layak untuk tidak mengganti popoknya saat dia sedang tidur. Di tempat lain, seorang ayah terpisah dari anaknya yang berusia 4 tahun karena kesulitan berbicara membuat dia tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan Pabean dan Perlindungan Perbatasan.

"Sangat mengejutkan bahwa pemerintahan Trump terus mengambil bayi dari orang tua mereka," kata Lee Gelernt, kepala pengacara dalam gugatan pemisahan keluarga dan wakil direktur Proyek Hak Imigran ACLU.

"Lebih dari 900 keluarga bergabung dengan ribuan keluarga lain yang sebelumnya dihancurkan oleh kebijakan kejam dan ilegal ini. Pemerintah tidak boleh dibiarkan menghindari perintah pengadilan atas pelanggaran seperti pelanggaran lalu lintas kecil," tambahnya.

Dari 911 anak-anak yang terpisah dari keluarga mereka, 185 di bawah 5 tahun dan lebih dari setengahnya lebih muda dari 10 pada saat mereka ditahan, ACLU mengatakan mengutip data pemerintah yang diperoleh sebagai bagian dari kasus pengadilan.

Penjabat Sekretaris Keamanan Dalam Negeri Kevin McAleenan mengatakan kepada Kongres awal bulan ini bahwa perpisahan keluarga "jarang dan dilakukan demi kepentingan dan keselamatan terbaik dan kesejahteraan anak."

911 anak-anak menambah lebih dari 2.700 yang dipisahkan dari keluarga mereka antara Mei dan 20 Juni 2018.

KEYWORD :

Donald Trump Anak Perbatasan Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :