Kamis, 23/09/2021 12:19 WIB

AS Berikan Dukungan Teknis Armada Pakistan Rp1,7 Triliun

Negara yang terletak di Asia Selatan itu sebelumnya sudah meminta Washington untuk memberikan dukungan teknis untuk membantu pengawasan operasi program F-16.

Pasukan Afganistan

Islamabad, Jurnas.com - Pemeritnah Amerika Serikat (AS) menyetujui dana sebesar USD125 juta Rp1,7 triliun untuk memberikan dukungan teknis armada Pakistan untuk pesawat F-16.

Pengumuman itu dikeluarkan pada Sabtu (27/7) wkatu setempat, hanya empat hari setelah kunjungan resmi pertama Perdana Menteri Imran Khan ke Washington.

"Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui dana USD 125 juta untuk memberikan bantuan teknis ke Pakistan untuk pesawat F-16-nya," lapor PTV News milik pemerintah.

Negara yang terletak di Asia Selatan itu sebelumnya sudah meminta Washington untuk memberikan dukungan teknis untuk membantu pengawasan operasi program F-16.

Pada Mei 2018, Departemen Luar Negeri AS, menangguhkan sebagian besar bantuan keamanan, pengiriman peralatan militer atau transfer dana ke Pakistan setelah mengklaim bahwa Pakistan menyediakan tempat perlindungan bagi para teroris di Afghanistan.

Pada Senin, usai bertemu dengan perdana menteri Pakistan di Gedung Putih, Presiden AS, Donald Trump mengatakan bahwa saat ini negaranya memiliki hubungan yang lebih baik dengan Pakistan.

Sementara itu, Khan juga berterima kasih kepada Trump atas keramahtamahannya selama dia berada di Washington.

"Berkat keramahtamahan Presiden Trump, seluruh delegasi kami merasa sangat nyaman. Saya berterima kasih karena presiden telah meluangkan waktunya untuk menemani kami melihat-lihat Gedung Putih yang bersejarah," katanya.

Dalam kesempatan itu, Khan juga meyakinkan Trump bahwa negaranya akan melakukan segala upaya untuk memfasilitasi proses perdamaian Afghanistan. (Anadolu)

TAGS : Amerika Serikat F-16