Minggu, 18/04/2021 12:17 WIB

Ridwan Kamil Imbau Masyarakat Jawa Barat Tetap Tenang

Gunung Tangkuban Perahu juga pernah eruspi pada 2013. Artinya, ada pola rutinitas yang harus selalu diwaspadai dengan baik.

Erupsi Gunung Tangkuban Perahu

Jakarta, Jurnas.com - Meski Gunung Tangkuban Perahu sudah kembali ke level satu alias normal, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengimbau masyarakat dan wisatawan agar tetap waspada dan tenang.

"Saat ini status kembali ke level 1 yaitu status Normal. Untuk sementara jaga jarak aman 1,5 km dari pusat erupsi. Para warga dan wisatawan dimohon sementara menyesuaikan," tulis Ridwan Kamil di akun Facebooknya.

Pria yang disapa kang Emil ini mengatkan, Gunung Tangkuban Perahu juga pernah eruspi pada 2013. Artinya, ada pola rutinitas yang harus selalu diwaspadai dengan baik.

Selain itu, Ridwan Kamil yang saat ini di Swedia juga mengimbau masyarakt agar membiasakan menyimak berita dari sumber yang terpercaya agar tetap bisa menyikapinya dengan proporsional dan baik.

Sebelumnya Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan, Gunung Tangkuban Parahu yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengalami erupsi pada Jumat (26/7), pukul 15:48:18 WIB. Kolom abu teramati dengan ketinggian kurang lebih 200 m di atas puncak.

Asap tebal warna kelabu tebal dan abu mengarah ke Timur - Utara - Selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi 5 menit 30 detik.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, erupsi tersebut menyebabkan 15 wisatawan sesak nafas. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dan pengungsian akibat letusan itu. 

TAGS : Erupsi Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat Ridwan Kamil




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :