Minggu, 28/04/2024 02:22 WIB

Rudal Qatar Ditemukan di Italia

Polisi juga telah mengkonfirmasi pemulihan seorang Prancis Rudal buatan Matra yang dimiliki oleh angkatan bersenjata Qatar.

Rudal Qatar yang ditemukan oleh polisi Italia telah dinonaktifkan tetapi sebaliknya berfungsi dengan baik. EPA

Jakarta, Jurnas.com - Polisi Italia telah menemukan rudal udara-ke-udara Qatar di antara gudang besar senjata dan memorabilia Nazi dalam serangan yang menargetkan sel penyelundupan senjata sayap kanan di utara negara itu dan menangkap tiga orang.

Sebuah pernyataan polisi yang dirilis di Turin menyebutkan satu dari tiga orang yang ditahan dalam operasi itu sebagai Fabio Del Bergiolo, yang mengajukan tawaran gagal untuk Senat Italia, mencalonkan diri untuk partai ekstrim kanan Forza Nuova pada tahun 2001.

Polisi juga telah mengkonfirmasi pemulihan seorang Prancis Rudal buatan Matra yang dimiliki oleh angkatan bersenjata Qatar. Sebuah gambar senjata canggih di peti kayu aslinya yang dicap Negara Qatar diterbitkan oleh pihak berwenang.

La Repubblica melaporkan bahwa rudal Qatar telah dinonaktifkan tetapi sebaliknya berfungsi dengan baik. Menurut Kepala Polisi Giuseppe De Matteis, penyitaan itu memiliki beberapa preseden untuk kualitas senjata dan potensi kekerasan mereka. Diyakini bahwa ini adalah pertama kalinya sebuah rudal kekuatan penghancur Matra ditemukan dalam kepemilikan kelompok-kelompok ekstremis di Barat. Eropa.

Matra Super 530 adalah rudal udara-ke-udara jarak menengah dengan jangkauan operasi 37 km. Itu juga dilaporkan membawa hulu ledak 30 kg. Selama penyelidikan mereka, polisi menemukan bahwa para tersangka telah berusaha menjual rudal tersebut melalui platform pengiriman pesan WhatsApp.

Serangan fajar pada cache senjata adalah puncak dari satu tahun penyelidikan dengan polisi anti-teror Italia yang pada akhirnya mengarah ke kelompok-kelompok sayap kanan yang mengorbit Turin yang berkisar dari pendukung sepak bola hingga sel neo-Nazi militan. Penegakan hukum pada akhirnya dapat memblokir penjualan senjata setelah penyelidikan sebelumnya ke Italia yang telah bergabung dengan pejuang pro-Rusia dalam konflik di Ukraina.

"Investigasi polisi muncul karena kegiatan beberapa pejuang Italia dengan latar belakang ekstremis yang telah mengambil bagian dalam konflik bersenjata di wilayah Donbass, Ukraina," kata polisi dalam sebuah pernyataan dilansir The National.

Para tersangka bernama Del Bergiolo, 60, seorang petugas bea cukai Italia, Fabio Bernardi, warga negara Italia berusia 51 tahun dan Alessandro Monti, 42, dari Swiss. Rudal Matra ditemukan di hanggar milik Monti.

Del Bergiolo telah berusaha untuk menjual senjata Qatar dengan harga sekitar € 470.000. Di antara pembeli potensial untuk polisi rudal mengatakan seorang pejabat untuk pemerintah asing yang tidak disebutkan namanya telah menunjukkan minat dalam pembelian.

Lusinan senjata lain ditemukan dalam kepemilikan kelompok termasuk 26 senjata, 20 bayonet dan 306 bagian senjata yang berasal dari Jerman, Austria dan Amerika Serikat.

Menurut Reuters, gudang senjata itu juga berisi 800 peluru berbagai kaliber. Dalam gambar-gambar yang dikeluarkan oleh pihak berwenang, gudang senjata besar-besaran muncul di samping memorabilia dari Nazi Jerman termasuk tanda jalan bertuliskan nama Adolf Hitler, dan dua swastika, simbol yang digunakan oleh partai Nazi selama Htiler naik ke tampuk kekuasaan dan kemudian selama Perang Dunia Kedua.

Forza Nuova, partai politik sayap kanan dengan mana Bergiolo berafiliasi, telah berusaha untuk menjauhkan diri dari tersangka pedagang senjata yang memanggil laporan dalam berita palsu pers Italia.

"Berita palsu tentang orang-orang milik Forza Nuova terlibat dalam pencarian di Lombardy dan Piedmont, dengan konsekuensi penyitaan berbagai senjata," kata Salvatore Ferrara, koordinator regional Forza Nuova di Lombardy.

"Jika salah satu dari yang ditangkap adalah seorang kandidat dalam daftar Forza Nuova pada tahun 2001 (18 tahun yang lalu!). Kami menegaskan bahwa sebaliknya tidak ada orang yang terlibat telah menjadi militan Forza Nuova selama bertahun-tahun, "tambahnya.

Menurut kantor berita Italia ANSA, pada bulan Juli tiga pejuang tentara bayaran didakwa di Italia karena berperang bersama pasukan pro-Rusia di wilayah Donbass timur Ukraina, pertama kali di pengadilan Italia pernah menjatuhkan tuduhan seperti itu.

Orang-orang itu, yang diidentifikasi sebagai Antonio Cataldo dari Italia dan Olsi Krutani yang kelahiran Albania, menerima hukuman dua tahun delapan bulan. Warga Moldova, Vladimir Vrbitchi dipenjara selama satu tahun empat bulan karena perannya dalam konflik Ukraina.

Sekali lagi, penangkapan dilakukan setelah investigasi polisi ke kelompok sayap kanan. Kali ini para tersangka diketahui memiliki koneksi dengan para ekstremis di Liguria di barat laut Italia. Ketiganya dituduh berkonspirasi untuk merekrut dan membiayai kombatan di Ukraina dan termasuk di antara total 15 tersangka yang diselidiki dalam kasus ini.

Lebih dari 10.000 orang telah tewas dalam konflik internecine di Ukraina timur di mana separatis pro-Rusia telah memerangi pasukan Ukraina untuk menguasai bagian timur negara itu. Pertempuran di wilayah timur yang diperangi meletus pada 2014 ketika demonstran pro-Rusia bersenjata mengambil alih gedung-gedung pemerintah dalam upaya untuk berpisah dari Kiev.

KEYWORD :

Rudal Qatar Polisi Italia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :