Rabu, 06/07/2022 14:33 WIB

Perhatikan Kecukupan Gizi Anak Usia Sekolah

Ada tiga faktor yang harus diperhatikan pada anak usia sekolah yaitu fokus, aktivitas dan ketahanan tubuh.

Ilustrasi anak sekolah

Jurnas.com - Dewasa ini kebutuhan makanan dan minuman sangat mudah didapat. Terlebih untuk generasi masa kini yang lebih banyak jajan di luar untuk menikmati jus buatan sendiri di rumah.

Kebiasaan minum minuman kemasan yang tidak teruji keamananya bisa berbahaya bagi si kecil. Karena, kandungan bahan kimia seperti pewarna dan pemanis buatan senang akan kesehatan sikecil.

Jansen Ongko, MSc, RD, nutrisionis mengungkapkan, zat gizi seperti Zink, zat besi, vitamin B dan C sangat dibutuhkan oleh anak-anak usia sekolah.

Mereka sangat membutuhkan zat ini sebagai energi dalam menjalankan kegiatan sekolah harian dan aktivitas di luar. Zat gizi ini juga mendukung fokus anak belajar juga membantu memperkuat pertahanan tubuh. "Minimal zat besi yang dibutuhkan 10 miligram (mg) dan Zink 11 mg agar kebutuhan harian terpenuhi," ujarnya.

Lebih lanjut Konsultan Nutrisi ini menjelaskan tentang anemia merupakan suatu kompilasi jumlah sel darah merah atau konsentrasi pengangkutan oksigen dalam darah (Hb) rendah.

Berdasarkan catatan Riset Kesehatan Dasar 2013 mengungkapkan 26,4 persen anak usia 5-12 tahun menderita anemia gizi karena pola makanan tidak sehat.

Kualitas protein, vitamin, dan mineral pada makanan berkorelasi dengan baik terhadap perkembangan kognitif anak usia sekolah (Sigman, 1995; Watkins & Pollitt, 1998), dan ada tiga faktor yang harus diperhatikan pada anak usia sekolah yaitu fokus, aktivitas dan ketahanan tubuh.

Tiga hal ini sangat berkaitan dengan kinerja anak di sekolah. Anak saat ini memiliki banyak tanggapan, seperti persetujuan prestasi di sekolah, aktif di luar sekolah dan sosial pertemanan. Dengan begitu besar mereka, sangat dibutuhkan kecukupan nutrisi agar kita dapat dengan nyaman membantu peran anak usia sekolah.

TAGS : Kecukupan Gizi Anak Sekolah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :