Jum'at, 19/04/2024 23:24 WIB

Gempa 7,1 SR, BMKG Keluarkan Peringatan Tsunami

Gempa tersebut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini tsunami di Sulawesi Utara dan Maluku Utara.

Ilustrasi BMKG

Jakarta,Jurnas.com - Pada Minggu (7/7) pukul 22.08 WIB terjadi gempa bumi berkekuatan 7,1 skala richter mengguncang wilayah barat daya Ternate, Maluku Utara. Gempa terjadi pada pukul 22.08 WIB.

Dikabarkan, episentrum gempa berada pada kisaran  sekitar 135 kilometer barat daya Ternate dengan kedalaman 10 kilometer. Adapaun lokasi di 0.51 Lintang Utara, 126,18 Bujur Timur atau 135 km barat daya Ternate, Maluku Utara.

Gempa tersebut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini tsunami di Sulawesi Utara dan Maluku Utara. Hingga saat ini belum diketahui kondisi terbaru di lokasi terdampak gempa.

Adapun daerah yang berpotensi tsunami menurut BMKG adalah Kota Bitung dengan status Siaga, Halmahera, Maluku Utara (Waspada), Kota Ternate (Waspada), Kota Tidore (Waspada), Minahasa Bagian selatan (Waspada), Kota Tidore (Waspada), Minahasa Utara bagian Selatan (Waspada), Minahasa Selatan bagian Selatan (Waspada), Bolaangmongondow bagian selatan (Waspada).

Kemudian BMKG menyarankan agar pemerintah setempat berada pada status awas diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melaukan evakuasi menyeluruh. Status waspada diharapkan agar masyarakat menjauhi pantai dan tepian sungai.

KEYWORD :

Gempa Bumi Potensi Tsunami BMKG Sulawesi Utara Maluku Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :