Senin, 04/07/2022 01:28 WIB

KKMSB Satukan Tekad Bersama Pemerintah Daerah Majukan Masyarakat Mandar

Selain itu website tersebut juga akan digunakan untuk memudahkan pencarian warga Sulbar dimana pun di seluruh Indonesia

Ketua Umum KKMSB, Asri Anas saat memberikan sambutan dalam acara Rakernas KKMSB, Jakarta, Sabtu (29/06)

Jakarta, Jurnas.com - Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) berharap mampu melakukan sinergitas dengan pemerintah daerah Sulbar dalam memajukan masyarakat mandar.

Hal itu disampaikan Ketua Umum KKMSB, Asri Anas dalam sambutannya di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di hotel Diradja, Jakarta Selatan, Sabtu (29/06).

Menurut Asri yang juga anggota MPR RI, sudah saatnya KKMSB memanfaatkan perkembangan teknologi untuk bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Sulbar menggarap program-program yang bisa memajukan masyarakat mandar

"Harus ada sinergi antara KKMSB dan Pemerintah Daerah yang bisa dilakukan bersama. Mudah-mudahan kita bersinergi dengan baik," ujar Asri.

Salah satu hal yang bisa dilakukan KKMSB menurut Asri untuk memajukan Sulbar ialah menjadi pusat promosi dan informasi potensi daerah berbasis teknologi dan digital, sehingga produk-produk lokal masyarakat mandar bisa naik ke level global bukan hanya level lokal maupun nasional.

Untuk itu, lanjut Asri, KKMSB akan melaunching website Keluargasulbar.id yang nantinya akan menjadi pusat informasi berbasis digital bagi masyarakat mandar, bahkan nasional dan luar negeri.

"Website Kelurga Sulbar.id ini akan menjadi pertama akan menjadi alat pemetaan data warga yang ada di perantauan. Website ini adalah wadah untuk bertukar informasi yang berbasis teknologi. Jadi apapun yang menyangkut promosi daerah kita bisa kembangkan lewat aplikasi ini," tutur Anggota DPD RI.

Selain itu website tersebut juga akan digunakan untuk memudahkan pencarian warga Sulbar dimana pun di seluruh Indonesia. "Berbagi info dan jaringan, memajukan industri kreatif untuk generasi muda," tuturnya.

Senada dengan Asri, Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar, mengharapkan program-program kerja KKMSB bisa bersinergi dengan program semua kabupaten yang ada di Sulbar.

"KKMSB juga diharapkan bisa bersinergi dengan Pemprov Sulbar dalam mempromosikan pariwisata dan produk-produk Sulbar di tingkat nasional," kata Enny.

Menurut Enny, masih banyak potensi-potensi yang dikembangkan masyarakat Sulbar, namun tentu perlu dukungan dari lembaga-lembaga paguyuban untuk merealisasikan potensi tersebut. Sehingga ia berharap dukungan dari KKMSB dapat menjadi salah alat untuk memajukan Sulbar.

"Semoga pertemuan ini dapat mewujudkan kerukunan dan kemajuan bagi masyarakat provinsi Sulawesi Barat dan tentunya di seluruh pelosok perantauan di masa yang akan datang," tutur Enny.

KKMSB, lanjut Enny, adalah salah satu aset yang sangat bernilai yang dimiliki oleh Sulawesi Barat karena organisasi ini adalah perekat seluruh potensi dan kekayaan sumber daya manusia yang dimiliki oleh Sulawesi Barat.

"Semoga KKMSB dapat dijadikan tempat berinteraksi semua sumber daya manusia beserta beragam potensi yang dimiliki tanpa pembatasan dan diskriminasi," ujarnya.

"KKMSB harus kita jaga demi keutuhan dan kerukunan persaudaraan keluarga besar mandar dalam bingkai kebhinekaan negara kesatuan Republik Indonesia," tambahnya.

Rakernas pengurus KKMSB itu dihadiri sejumlah pejabat daerah Sulbar, di antaranya Kepala Balitbangda Sulbar Jamil Barambangi, Wakil Bupati Polman Natsir Rahmat, Wakil Bupati Majene Lukman, Wakil Bupati Mamuju Tengah Amin Jasa, Wakil Bupati Pasangkayu Muhammad Saal, serta sejumlah pengurus BPW dan BPC KKMSB

TAGS : KKMSB Pemda Sulbar Asri Anas




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :