Selasa, 26/10/2021 07:21 WIB

Menyongsong 2024, PDIP Perkuat Struktur

50 persen ketua DPRD tingkat propinsi dipimpin oleh kader PDIP

Hasto Kristiyanto saat Rakerda PDIP Jatim

Surabaya, Jurnas.com - Setelah sukses memenangi Pemilu 2019, PDI Perjuangan melakukan pembenahan struktur partai. Para kader diminta memperkuat jiwa kepartaian dengan mengesampingkan ego pribadi.

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, kader partai boleh berbangga karena berhasil menjadikan Jokowi sebagai presiden, juga menempatkan kadernya menjadi Ketua DPRD di 18 propinsi.

"Artinya lebih dari 50 persen ketua DPRD tingkat propinsi dipimpin oleh kader PDIP," ujar Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto saat rapat kerja daerah (Rakerda) yang dilaksanakan di Surabaya, Minggu (23/6/2019).

Hasto mengingatkan, tantangan ke depan akan lebih berat, karena PDIP harus bisa mempertahankan kemenangan, dan bahkan meningkatkannya.

Karena itu, lanjut Hasto, partai harus berbenah sehingga siap dalam menghadapi segala tantangan yang ada. Yang pertama kali dilakukan adalah pembenahan struktur.

"Kemenangan Pemilu 2024 akan ditentukan perubahan struktur saat ini. Jangan kedepankan ego, tapi kedepankan kepentingan partai," tegas Hasto di hadapan ratusan pengurus PDIP Jawa Timur.

DPP PDI Perjuangan, tegas Hasto, mendorong agar para pengurus partai di daerah melakukan pembenahan organisasi demi mewujudkan prinsip partai pelopor dan partai modern. Dan untuk melakukannya, maka partai harus punya kesadaran politik, organisasi, dan lingkungan.

"Wujudnya, pengurus partai di setiap tingkatan harus bisa menggunakan ilmu-ilmu terapan, riset, serta penelitian pengembangan (Litbang). Sementara dari sisi sikap, yang terutama adalah penegakkan disiplin," jelasnya.

Salah satu faktor lingkungan yang harus dilihat adalah bagaimana tren penggunaan alat komunikasi modern di kalangan masyarakat. Maka para pemimpin partai di daerah harus bisa memastikan gerak partai tetap ideologis namun dengan memanfaatkan alat modern sebagai alat perjuangan.

"Jadi berbicara struktur harus bicara ideologis namun juga harus melek teknologi. Tak bisa lagi kalau tak berubah. Karena jaman sudah berubah. Ketua DPC kita adalah orang yang top dan melek teknologi," tuntas Hasto Kristiyanto.

TAGS : Rakerda PDIP benahi struktur partai




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :