Sabtu, 20/04/2024 17:10 WIB

Dirjen Hubdat Lepas Ribuan Pemudik Gratis Sepeda Motor Pakai Kapal Roro

Kegiatan mudik gratis sepeda motor ini merupakan bukti bahwa negara hadir di tengah-tengah masyarakat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi (tengah) didampingi sejumlah pejabat terkait melepaskan secara resmi mudik gratis sepeda motor menggunakan kapal RoRo tujuan Semarang, Jawa Tengah di Dermaga Ex Presiden Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (2/6/2019).

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi melepas ribuan pemudik sepeda motor gratis yang menggunakan kapal Roll On Roll Off (RoRo) milik PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) di Dermaga Ex Presiden, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (1/6/2019).

"Kegiatan mudik gratis sepeda motor ini merupakan bukti bahwa negara hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan," kata Budi Setiyadi.

Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (SDP) Ditjen Hubdat Chandra Irawan, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Wisnu Handoko, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Capt. Hermanta, Kepala Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok M Amiruddin, dan pejabat terkait lainnya.

Budi Setiyadi mengatakan, pada dasarnya pemerintah tidak merekomendasikan mudik Lebaran dengan menggunakan sepeda motor. Pasalnya moda transportasi roda dua ini tidak dirancang untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Sehingga sangat rawan terjadi kecelakaan.

"Untuk itulah pemerintah membantu para pemudik sepeda motor dengan menyediakan berbagai sarana transportasi seperti bus, kereta api, kapal laut, dan kapal RoRo," kata Budi.

Menurut Budi, kegiatan seperti ini akan dilakukan setiap tahun dengan harapan pola pikir masyarakat berubah bahwa mudik dengan sepeda motor itu tidak aman dan rawan kecelakaan, sehingga mereka bersedia beralih ke moda transportasi lain.

"Sambil kami memperbaiki berbagai sarana dan prasarana transportasi jalan raya agar layanan lebih baik dan nyaman bagi para pengguna jasa," katanya.

Salah satu rencana peningkatan sarana dan prasarna transportasi jalan raya adalah dengan meningkatkan prasarana jalan raya seperti dengan jalan tol, peningkatan kualitas bus penumpang dan layanannya, dan peningkatan pelayanan di terminal-terminal bus.

"Tahun ini kami sedang menyiapkan layanan terminal-terminal bus seperti di bandar udara. Lebih modern, bersih, aman, dan nyaman bagi calon penumpang bus," ujar Budi.

Direktur Transportasi SDP Ditjen Hubdat Chandra Irawan mengatakan, pada masa angkutan mudik Lebaran 1440 H/2019 ini pihaknya menyediakan 3 unit kapal yang terdiri dari 2 unit kapal RoRo dan 1 unit kapal bantuan dari TNI AL dengan tujuan ke Semarang dan Lampung. Kapasitas kapal-kapal tersebut sekitar 500 sepeda motor dan 1.000 penumpang. Pemberangkatan arus mudik dilakukan hari ini, Sabtu (1/6/2019). Sedangkan pemberangkatan arus baliknya akan dilakukan pada 8 Juni 2019 mendatang.

"Pemberangkatan mudik ke Semarang kapal pertama telah terisi penuh alias telah mencapai 100%. Sedangkan pemberangkatan kapal kedua dengan tujuan Semarang telah mencapai 80%. Adapun kapal dengan tujuan ke Lampung telah terisi sekitar 75%," tutur Chandra.

KEYWORD :

Mudik Gratis sepeda motor Ditjen Hubdat Kapal RoRo Lebaran 1440 H/2019




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :