Senin, 24/01/2022 05:07 WIB

Trump Janjikan Kesepakatan Dagang dengan Jepang

Trump menyebut akan ada kesepakatan perdagangan dengan Jepang, yang akan diumumkan pada Agustus mendatang.

Presiden Amerika Seriakat Donald Trump (Foto: Denis Balibouse)

Tokyo, Jurnas.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut akan ada kesepakatan perdagangan dengan Jepang, yang akan diumumkan pada Agustus mendatang.

Demikian disampaikan oleh Trump usai bertemui Perdana Menteri Jepang Abe Shinzo pada Senin (27/5), sebagaimana diwartakan Nikkei.

“Kami akan mengumumkan beberapa hal, mungkin pada Agustus, yang akan sangat baik bagi kedua negara,” kata Trump di Tokyo, Jepang.

“Kami harus melakukan sedikit penyesuaian denga Jepang, karena mereka telah melakukan banyak bisnis dengan kami. Dan kami ingin melakukan sedikit banyak bisnis secara terbalik,” tambah dia.

Sebelumnya pada Minggu (26/5), Trump mengunggah cuitan di Twitter, dengan mengatakan bahwa ada kemajuan dalam negosiasi perdagangan AS-Jepang.

“Pertanian dan daging sapi masuk dalam negosiasi. Banyak yang akan menunggu sampai setelah pemilihan Juli, di mana saya mengantisipasi jumlah besar,” terang Trump.

Dari hasil pertemuan Trump dan Abe, AS menekan Tokyo agar negara itu menerima lebih luas daging sapi dan barang-barang pertanian AS.

Berbicara kepada para pemimpin bisnis di Tokyo pada Minggu kemarin, Trump mengatakan dia ingin kesepakatan perdagangan antara kedua sekutu, guna "menghilangkan hambatan ekspor AS."

Namun, saat Tokyo meminta Washington untuk menghapuskan tarif onderdil mobil yang diekspor Jepang ke AS, Gedung Putih ragu untuk melakukannya.

Seperti diketahui, AS menggantung ancaman tambahan tarif 25 persen dan kuota pada mobil asing, mengutip pertumbuhan impor tersebut sebagai ancaman keamanan nasional. Tokyo menyebut langkah-langkah yang diusulkan ini sebagai "garis merah keras".

TAGS : Amerika Serikat Jepang Donald Trump




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :