Rabu, 26/01/2022 02:42 WIB

Menteri PANRB Berharap Waisak Jadi Perekat Sosial dan Persaudaraan

Perayaan Waisak ini dapat dijadikan momentum meninggalkan perbedaan untuk menyatukan seluruh bangsa.

Menteri PANRB Syafruddin (tengah, batik tangan panjang), saat menghadiri perayaan Waisak 2563 BE/2019 di Wihara Ekayana Amara, Jakarta Barat, Minggu (19/5/2019).

Jakarta, Jurnas.com - Hari ini, Minggu (19/5/2019), umat Buddha merayakan Hari Raya Waisak atau Hari Raya Tri Suci Waisak 2563 BE/2019.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang juga Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin menyampaikan salam hangatnya untuk seluruh umat Buddha yang merayakan Waisak pada hari ini.

"Sebagai anak bangsa, kita bersama-sama membangun negara dan merajut kebersamaan untuk menjaga keutuhan dan kesatuan Indonesia," ujar Menteri Syafruddin saat menghadiri perayaan Waisak di Wihara Ekayana Amara, Jakarta Barat.

Syafruddin berharap perayaan Waisak ini menjadi ajang perekat sosial, yang menjaga persaudaraan, membangun solidaritas, serta menguatkan landasan dan stabilitas bagi ketenteraman, kebahagiaan, dan kedamaian untuk seluruh masyarakat indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan bahwa Sidharta Gautama telah mengajarkan kedamaian dan kebersamaan. Perayaan Waisak ini dapat dijadikan momentum meninggalkan perbedaan untuk menyatukan seluruh bangsa.

“Semoga perayaan Waisak ini memberikan berkah bagi kita semua,” ujarnya.

Ketua I Panitia Waisak 2563 BE/2019 Wihara Ekayana Arama, Ferry S. Djongianto mengatakan perayaan Waisak ini merupakan Puncak dari seluruh rangkaian kegiatan Waisak yang telah diselenggarakan sebulan terakhir.

Perayaan Waisak juga dijadikan momentum untuk merenungkan kembali tiga peristiwa penting yakni pertama kelahiran Pangeran Sidharta Gautama, kedua Pangeran Sidharta Gautama ketika menjadi Buddha, dan terakhir Pangeran Sidharta Gautama meninggal kemudian mengalami mahaparini bana yang terjadi tepat pada saat bulan purnama atau yang disebut purnamasidi.

"Tema Waisak tahun ini adalah Mencintai Tanah Air Indonesia, dalam Kasih Buddha Kita Semua Bersaudara Wujudkan Masyarakat Sejahtera," kata Ferry.

TAGS : Waisak 2563 BE/2019 Menteri PANRB Syafruddin Wihara Ekayana Amara




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :