Jum'at, 19/04/2024 15:41 WIB

Perubahan Iklim Picu Penyebaran Virus Mematikan Dunia

Perubahan iklim bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja di tempat-tempat yang jauh - itu adalah sesuatu yang nyata dan saat ini yang sudah memiliki dampak yang sulit diprediksi

Katak lebih rentan terhadap penyakit menular yang disebabkan oleh Ranavirus ketika suhu naik. Foto oleh Lewis Campbell / ZSL

Jurnas.com - Iklim pemanasan bumi mendorong penyebaran virus yang menyebabkan epidemi mematikan di antara katak umum, Rana temporaria.

Ketika tim peneliti di Inggris membandingkan catatan peristiwa kematian massal yang terkait dengan Ranavirus dengan pola iklim, mereka menemukan peningkatan suhu dikaitkan dengan peningkatan risiko wabah virus.

Selain menganalisis data cuaca dan mortalitas katak yang dikumpulkan oleh Kantor Met dan Froglife Mortality Project milik Froglife, para ilmuwan juga mempelajari kultur sel dan model hidup di laboratorium. Tes mereka mengkonfirmasi suhu yang lebih hangat meningkatkan kemungkinan Ranavirus memicu wabah penyakit fatal.

Dilansir UPI, temuan terbaru, yang diterbitkan minggu ini di jurnal Global Change Biology, menjelaskan mengapa ahli biologi telah lama mengamati wabah penyakit paling parah selama bulan-bulan terpanas musim panas.

Ketika pemanasan global berlanjut, penyakit ini, yang sebagian besar telah diamati di Inggris, dapat menyebar ke bagian lain Inggris. Wabah juga bisa menjadi lebih umum di musim semi dan gugur. Wabah musim semi yang besar dapat membunuh berudu dan menekan populasi katak.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa amfibi, terutama katak, salamander, dan kadal air, sangat rentan terhadap dampak buruk perubahan iklim.

"Perubahan iklim bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja di tempat-tempat yang jauh - itu adalah sesuatu yang nyata dan saat ini yang sudah memiliki dampak yang sulit diprediksi pada satwa liar di kebun belakang kita sendiri di Inggris," ujar Stephen Price, peneliti dari University College London dan Zoological Society of London.

"Sejumlah ilmuwan telah menyinggung fakta bahwa perubahan iklim dapat meningkatkan penyebaran penyakit, tetapi ini adalah salah satu studi pertama yang memberikan bukti kuat tentang dampak perubahan iklim pada penyakit satwa liar, dan membantu menjelaskan bagaimana itu mungkin memfasilitasi penyebaran Ranavirus di Inggris," kata Price.

Price dan mitra penelitiannya menyarankan penambahan tumpukan kayu, vegetasi dan jenis struktur teduh lainnya ke habitat katak dapat membantu amfibi tetap dingin dan menghindari infeksi.

"Banyak penelitian pada penyakit amfibi tidak dapat berbuat banyak selain mengatakan `kami memiliki masalah," kata Trenton Garner, peneliti di ZSL`s Institute of Zoology.

"Penelitian ini menawarkan sejumlah opsi untuk mitigasi; namun, ini hanya solusi jangka pendek - jika kita pada akhirnya tidak memperlambat dan membalikkan perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia, sayangnya kita hanya dapat mengharapkan hal-hal menjadi lebih buruk untuk amfibi kita."

KEYWORD :

Perubahan Iklim Virus Mematikan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :