Sabtu, 24/07/2021 11:50 WIB

Ditjen Hubdat Sarankan Pemudik Lebaran Jangan Hanya Lewat Jalan Tol

Bagi yang melakukan perjalanan melalui jalan arteri dapat juga berwisata kuliner di kota-kota yang dilewati.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melakukan sosialisasi keselamatan lalu lintas di bundaran Air Mancur Arjuna Wiwaha, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Jakarta, Jurnas.com – Direktorat Jenderal Perhuhungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan menyarankan agar para pemudik Lebaran 1440 H/2019 yang menggunakan mobil pribadi tidak menjadikan jalan tol sebagai alternatif satu-satunya. Pemudik bisa memanfaatkan jalan arteri sebagai alternatif lain.

“Bagi yang akan mudik Lebaran menggunakan kendaraan pribadi, kami informasikan bahwa jalan tol bukan satu-satunya pilihan mudik, jalan arteri telah tersedia dengan kondisi baik yang dapat digunakan untuk mudik aman dan selamat. Bagi yang melakukan perjalanan melalui jalan arteri dapat juga berwisata kuliner di kota-kota yang dilewati,” ujar Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Hubdat Sigit Irfansyah di sela sosialisasi keselamatan di bundaran Patung Arjuna Wiwaha dan Persimpangan Sarinah, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

 
Sigit juga mengimbau agar pemudik nanti selalu waspada selama melakukan perjalanan mudik. “Beristirahatlah setiap 4 jam perjalanan dan jangan lupa jaga kondisi fisik dan kendaraan anda selama perjalanan mudik. Jadilah pengendara bijak dengan mematuhi peraturan lalu lintas,” kata Sigit.
 
Dalam sosialisasi keselamatan tersebut, Ditjen Hubdat memberikan beberapa tips mudik yang aman dan selamat. Diantarany, tidak membawa barang terlalu banyak, tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan/mencolok, berani menegur pengemudi angkutan umum yang ugal-ugalan atau tidak mematuhi peraturan lalu lintas.

"Dan jangan lupa berdoa sebelum melakukan perjalanan," tutur Sigit.

TAGS : Kinerja Perhubungan Lebaran 1440 H/2019 jalan tol jalan arteri berwisata kuliner guyub rukun




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :