Jum'at, 19/04/2024 22:16 WIB

Peminat Membludak, Mudik Gratis Sepeda Motor Pake Kapal Ditambah Satu Voyage

Adanya tambahan jadwal tersebut menjadikan total kuota mudik gratis untuk sepeda motor 6.000 unit dan 12.000 penumpang.

Pemudik sepeda motor gratis menggunakan kapal milik PT Pelni yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pada Lebaran 1439 H/2018 lalu.

Jakarta, Jurnas.com – Peminat mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2019 yang digagas oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan membludak. Memenuhi tingginya minat masyarakat tersebut, Ditjen Hubla menambah satu kali keberangkatan (voyage) arus mudik dan satu kali voyage arus balik.

"Jadwal kapal untuk arus mudik sepeda  motor dengan kapal laut dengan rute Jakarta - Semarang semula adalah 30 Mei dan 1 Juni 2019 yang saat ini sudah terisi penuh kuotanya. Melihat hal tersebut, Pemerintah membuka 1 voyage lagi dengan kapal dan rute yang sama pada tanggal 3 Juni 2019," ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko di Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Begitu pula dengan jadwal kapal mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk arus balik dari Semarang - Jakarta yang semula pada tanggal 8  dan 10 Juni 2019 kini ditambah 1 voyage lagi di tanggal 12 Juni 2019.

"Adanya tambahan jadwal tersebut menjadikan total kuota mudik gratis secara keseluruhan untuk sepeda motor menjadi 6.000 unit dan 12.000 penumpang," ujar Capt. Wisnu.

Menurut Capt. Wisnu, program mudik gratis ini juga sejalan dengan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengimbau agar para pemudik sepeda motor mengurangi atau tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh sehingga mudik gratis dengan kapal laut ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat.

“Manfaatkanlah kesempatan ini, karena kini jadwal kapal dan kuota mudik gratis sudah bertambah. Hal ini menunjukan Pemerintah mendengar dan peduli  terhadap antusias masyarakat terhadap program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini,” ujar Capt. Wisnu.

Sementara itu Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas, Ahmad Wahid mengatakan bahwa Pelabuhan Tanjung Emas Semarang siap menerima kedatangan para pemudik yang akan menggunakan kapal laut khususnya mudik gratis sepeda motor.

"Pelabuhan Tanjung Emas siap melayani mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut. Kami juga mengimbau agar pemudik motor tidak membawa barang yang berlebihan karena selain berbahaya bagi pemudik saat berkendara juga menyebabkan pengaturan di kapal menjadi lebih lama," kata Ahmad.

Berikut beberapa informasi penting terkait ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh para biker yang mau mendaftar mudik gratis dengan kapal:

1) Pendaftaran Mudik Gratis bagi pengendara sepeda motor dapat dilakukan secara Online mulai 8 April 2019 s.d. 15 Mei 2019, melalui website: http://mudikgratis.dephub.go.id/. Isi data dan lengkapi persyaratan lalu dapatkan kode booking lalu bawa kode booking ke tempat verifikasi untuk mendapatkan tiket mulai dari tanggal 11 April s.d 18 Mei 2019.

2) Pendaftaran Langsung dilakukan dengan membawa persyaratan seperti KTP, SIM C, STNK, KK asli pada tanggal 15 Mei s.d 29 Mei 2019 pukul 09.00 WIB - 16.00 WIB. (Setiap hari, selama kuota masih tersedia)

3) Lokasi Verifikasi Dan Pendaftaran Langsung dilakukan di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Utama Tanjung Priok, di Jl. Panaitan no. 105 Tanjung Priok Jakarta Utara dan Kantor pusat Kementerian Perhubungan, Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat.

KEYWORD :

Mudik gratis kapal laut sepeda motor voyage




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :