Selasa, 25/06/2024 09:42 WIB

Setelah 25 Tahun, Puluhan Mayat Korban Genosida Dimakamkan

Pelayat menangis ketika 81 peti mati putih berisi sisa-sisa 84.437 korban pembunuhan massal 1994 dimakamkan di Nyanza Genocide Memorial di ibukota.

Prosesi penguburan mayat korban genosida (foto: PressTV)

Jakarta, Jurnas.com - Setelah pembantaian 25 tahun silam, sisa-sisa mayat dari 85.000 orang yang terbunuh dalam kasus genosida Rwanda dimakamkan pada Sabtu (05/05) dalam upacara suram di Kigali.

Pelayat menangis ketika 81 peti mati putih berisi sisa-sisa 84.437 korban pembunuhan massal 1994 dimakamkan di Nyanza Genocide Memorial di ibukota.

Mereka berada di antara lebih dari 800.000 orang, sebagian besar orang Tutsi, dibantai lebih dari 100 hari oleh para ekstremis Hutu dan pasukan milisi yang bertekad untuk membasmi minoritas Tutsi di Rwanda.

Rwanda memulai 100 hari berkabung setiap 7 April, hari dimulainya genosida. Namun tahun ini telah menyaksikan peringatan khusus untuk menandai peringatan 25 tahun.

"Memperingati genosida terhadap Tutsi adalah tanggung jawab setiap warga Rwanda dan juga memberi mereka pemakaman yang layak," kata Menteri Kehakiman Johnston Busingye pada pemakaman massal itu dilansir PressTV.

Salah seorang warga, Emanuel Nduwayezu mengatakan, prosesi tersebut berarti dia akhirnya memiliki tempat untuk datang setiap 7 April dan meletakkan karangan bunga untuk mengenang keluarganya yang terbunuh.

"Saat ini saya sangat senang karena saya telah menguburkan ayah saya, saudara perempuan saya dan anak-anaknya, dan mertua saya. Dua puluh lima tahun telah berlalu dan saya tidak tahu di mana mereka berada," katanya kepada AFP.

"Setiap hari saya berpikir dan menjadi bingung tentang di mana ayah saya berada, tetapi sekarang saya menemukannya dan saya telah menguburkannya," tambahnya.

Sisa-sisa mereka yang dimakamkan pada hari Sabtu hanya ditemukan awal tahun lalu, ketika 143 lubang yang berisi ribuan fragmen tulang dan pakaian ditemukan di bawah rumah-rumah di pinggiran Kigali.

Orang-orang yang digali untuk dimakamkan pada hari Sabtu datang dari hanya 43 lubang seperti itu - menyisakan 100 lagi. Upaya yang sungguh-sungguh dilakukan agar anggota keluarga dapat mengidentifikasi orang yang mereka cintai dengan gigi, pakaian, dan tanda lainnya.

Mereka bergabung dengan 11.000 korban lain yang sudah dibaringkan di Nyanza Genocide Memorial.

KEYWORD :

Genosida Rwanda Pembantaian Sadis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :