Sabtu, 20/04/2024 16:08 WIB

Militer Sudan Temui Demonstran Bahas Pemindahan Kekuasaan

Dewan mengatakan dalam sebuah pernyataan sebelum pertemuan pada Rabu (24/4) bahwa pihaknya bersedia untuk membahas proposal dari koalisi kelompok di belakang protes untuk memindahkan kekuasaan segera ke pemerintah sipil transisi.

Para demonstran Sudan berbaris di sepanjang jalan selama protes anti-pemerintah setelah salat Jumat di Khartoum, Sudan 11 Januari 2019.

Sudan, Jurnas.com - Dewan militer Sudan yang berkuasa bertemu dengan penyelenggara protes yang menggulingkan Presiden Omar al-Bashir setelah menangguhkan pembicaraan dengan para jenderal selama akhir pekan.

Dewan mengatakan dalam sebuah pernyataan sebelum pertemuan pada Rabu (24/4) bahwa pihaknya bersedia untuk membahas proposal dari koalisi kelompok di belakang protes untuk memindahkan kekuasaan segera ke pemerintah sipil transisi.

"Kami sepakat untuk membentuk komite bersama, antara kami dan mereka, untuk membahas poin-poin suksesi ini dan untuk memperkenalkan solusi bersama dengan Dewan Militer dan Aliansi Kebebasan dan Perubahan," kata  juru bicara dewan militer Sudan, Letnan Jenderal Shamseldin Kibashi.

Asosiasi Profesional Sudan (SPA) dan sekutu-sekutunya, yang mengorganisir demonstrasi empat bulan yang mengusir al-Bashir dari kekuasaan pada 11 April, menerima undangan dan bertemu dengan dewan, kata seorang juru bicara SPA.

SPA berencana untuk mengumumkan dewan transisi sipilnya sendiri selama demonstrasi massal pada Kamis (25/4).

"Kami menyetujui pertemuan ini berdasarkan posisi positif mereka dalam pernyataan sebelum undangan ke Aliansi Kebebasan dan Perubahan. Dan jujur, itu dimulai dengan semangat yang indah," kata juru bicara SPA Ahmed Rabie.

Dewan militer kemudian mengatakan tiga anggotanya mengundurkan diri pada Rabu (24/4) di tengah meningkatnya ketegangan dengan penyelenggara protes.

Dewan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Letnan Jenderal Jalal al-Deen Al-Sheikh, Letnan Jenderal Polisi Al-Tayeb Babakr dan Letnan Jenderal Omar Zain al-Abideen telah mundur dari jabatannya.

Pihak oposisi telah berulang kali menyerukan pemecatan mereka, menggambarkan mereka sebagai mewakili rezim lama Presiden Bashir yang digulingkan dalam pemerintahan baru.

KEYWORD :

Presiden Sudan Omar al-Bashir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :