Sabtu, 29/01/2022 10:56 WIB

Macron Janji Bangun Kembali Katedral Notre Dame Lima Tahun

Macron mengunjungi lokasi kebakaran pada Senin malam dan berjanji kemudian akan membangun kembali katedral, yang sebagiannya berasal dari abad ke-12.

Katedral Notre Dame di Paris terbakar

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Emmanuel Macron berjanji bahwa Prancis akan membangun kembali katedral Notre-Dame de Paris yang hancur karena kebakaran, dengan mengatakan ia berharap pekerjaan akan dilakukan dalam lima tahun dan rakyat Prancis akan bekerja sama untuk memperbaiki simbol nasional mereka.

"Kami akan membangun kembali Notre-Dame bahkan lebih indah dan saya ingin itu selesai dalam lima tahun, kami bisa melakukannya," kata Macron dilansir Reuters.

“Terserah kita untuk mengubah bencana ini menjadi kesempatan untuk bersatu, setelah merenungkan secara mendalam tentang apa yang telah kita dan apa yang kita harus menjadi dan menjadi lebih baik dari kita. Terserah kita untuk menemukan utas proyek nasional kita. ”

"Ini bukan saatnya untuk politik," tambah Macron, yang telah membatalkan pidato yang direncanakan pada Senin malam tentang tanggapan terhadap protes "rompi kuning".

Macron mengunjungi lokasi kebakaran pada Senin malam dan berjanji kemudian akan membangun kembali katedral, yang sebagiannya berasal dari abad ke-12.

Menara katedral hancur dan atapnya memusnahkan tetapi menara lonceng masih berdiri dan banyak karya seni berharga diselamatkan setelah lebih dari 400 petugas pemadam kebakaran bekerja untuk menahan api, akhirnya memadamkannya 14 jam setelah dimulainya.

Ketika kota dan negara itu berduka karena simbol nasional yang kuat, miliarder, perusahaan, dan pihak berwenang setempat dengan cepat menawarkan sumbangan.

Sekitar 24 jam setelah kebakaran dimulai, lebih dari 750 juta euro ($ 845 juta) telah dijanjikan, termasuk 500 juta dari tiga keluarga miliarder yang memiliki kerajaan barang mewah raksasa Prancis: Kering, LVMH dan L`Oreal.

TAGS : Presiden Prancis Katedral Notre Dame




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :