Jum'at, 26/04/2024 12:39 WIB

Migrant CARE Desak KPU Usut Hoaks Hasil Pemilu Luar Negeri

Pemilu Pendahuluan untuk WNI di luar negeri memang membutuhkan perhatian khusus.

Ilustrasi pemilu

Jakarta, Jurnas.com - Migrant CARE mengecam hoaks terkait pelaksanaan Pemilu RI di Luar Negeri dan mendukung langkah KPU untuk mengusut tuntas pelaku penyebaran

Seperti diketahui beredar hoaks berantai mengenai pelaksanaan Pemilu RI di luar negeri yang berisi hasil pemungutan suara di luar negeri.

Direktur Eksekutif Migrant CARE, Wahyu Susilo, menduga hoaks tersebut sengaja memperkeruh suasana terkait dengan pelaksanaan Pemilu Pendahuluan pada tanggal 8-14 April 2019 sebagai pemanasan pemilu serentak 17 April 2019.

"Hoaks ini jelas disebarluaskan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dan memiliki potensi mendelegitimasi kredibilitas penyelenggara Pemilu. Oleh karena itu Migrant CARE mendukung langkah KPU untuk mengusut tuntas hingga ke ranah hukum," kata Wahyu kepada Jurnas.com, Rabu (10/3).

Menurut Wahyu, terkait dengan pelaksanaan Pemilu Pendahuluan untuk WNI di luar negeri memang membutuhkan perhatian khusus.

"Dengan adanya tiga metode pemungutan suara, yaitu melalui TPS, kotak suara khusus dan surat pos membutuhkan mekanisme pengawasan dan pemantauan khusus untuk menjamin asas luber dan jurdil tetap berlangsung," terangnya.

Menurut pantauan Migrant CARE sejak Pemilu 2004 hingga Pemilu 2014, metode Kotak Suara Keliling dan Metode Surat Pos belum ada mekanisme pengawasan yang memungkinkan pengawas dan pemantau pemilu memastikan alur perjalanan surat suara.

Untuk itu, Migrant CARE, selaku pemantau resmi Pemilu RI di luar negeri mendesak Bawaslu RI mengakomodasi akses pengawasan dan pemantauan perjalanan surat suara dari metode Kotak suara keliling dan surat pos.

Migrant CARE juga akan memberangkatkan pemantau pemilu RI ke negara-negara yang memiliki DPT besar dalam Pemilu Pendahuluan yaitu Malaysia, Singapura dan Hongkong.

KEYWORD :

Migrant CARE Kabar Hoaks Hasil Pemilu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :