Senin, 14/06/2021 18:34 WIB

Ilmuan NASA Jelaskan Perubahan Iklim Lewat Komedi

Salah satu cara untuk mengkomunikasikan perubahan iklim adalah mengembangkan karakter yang dapat dihubungkan dengan orang, sehingga ilmuwan beralih ke

Ilmuan NASA (foto: NBC)

Jakarta, Jurnas.com - Perubahan iklim bisa menjadi topik yang sulit untuk dijelaskan dan dipahami, tetapi seorang ilmuwan NASA telah menemukan cara yang lucu untuk membicarakan masalah ini. Josh Willis adalah ilmuwan iklim di Jet Propulsion Laboratory NASA.

"Saya mempelajari pemanasan global dan naiknya samudera dan bagaimana lautan mempengaruhi cuaca dan iklim kita," kata Willis dilansir NBC.

"Pekerjaan malam saya adalah komedi," tambah Willis.

Setelah mendapatkan gelar doktor di bidang oseanografi dari Scripps Institute di San Diego, Willis memutuskan untuk mendaftar ke sekolah komedi.

"Saya ingin membuat pemanasan global menjadi lucu karena saya pikir orang akan memiliki waktu yang lebih mudah berkaitan dengan hal itu dan memahaminya jika mereka dapat tertawa setiap saat," katanya.

Dia lulusan Sekolah Komedi Kota Kedua, program komedi improvisasi bergengsi yang menjadi landasan bagi legenda seperti Bill Murray, Steve Carell, dan Tina Fey. Dia menyadari bahwa komedi dan iklim memiliki banyak kesamaan.

"Menjadi seorang ilmuwan, kami mencoba menemukan sesuatu tentang dunia, dan saya pikir menjadi seorang komedian, Anda mencoba menemukan sesuatu tentang orang yang membuat mereka tertawa," kata Willis.

Salah satu cara untuk mengkomunikasikan perubahan iklim adalah mengembangkan karakter yang dapat dihubungkan dengan orang, sehingga ilmuwan beralih ke "King of Rock and Roll."

"Menjadi semacam pria paruh baya yang pucat, berkulit putih dengan rambut besar dan cambang, Elvis tampak seperti pria yang sempurna," Willis menjelaskan pilihannya.

Strateginya berhasil, dan memiliki lebih banyak orang yang tertarik, bahkan jika itu berarti mereka menyadari bahwa perubahan iklim bukan masalah tertawa.

Willis menambahkan, "Ketika saya memberi tahu seseorang bahwa saya adalah seorang ilmuwan iklim, salah satu hal pertama yang mereka tanyakan adalah `apakah itu nyata?` `Seberapa buruk?` Dan saya pikir sangat membantu untuk memiliki percakapan yang bersahabat terlebih dahulu karena kita memiliki dampak mendalam pada planet ini. "

Willis saat ini memimpin misi bernama Oceans Melting Greenland atau OMG. Ilmuwan komedian itu menjelaskan, "Saya benar-benar ingin memberi nama misi itu sesuatu yang lucu dan berkesan, tetapi saya juga ingin memberi nama itu sesuatu yang mengatakan apa yang kami lakukan sains, dan Samudra Melting Greenland, ketiga kata itu menjelaskan dengan tepat apa yang kami coba untuk mencari tahu."

Sampai Hollywood datang menelepon, Willis berencana untuk tetap bekerja, tetapi menghubungkan orang dengan perubahan iklim sambil membuat mereka tertawa terbahak-bahak adalah pekerjaan sampingan yang menyenangkan.

"Ini adalah hal yang sulit untuk berkomunikasi, dan saya pikir kita perlu menggunakan semua alat yang kita bisa untuk benar-benar menjangkau orang dan membantu mereka memahami apa yang terjadi pada planet ini," katanya.

Tim OMG akan kembali ke Greenland minggu depan untuk menyelesaikan pengukuran bagaimana gletser telah berubah sejak tahun lalu. Adapun Willis, dia mengatakan dia berharap suatu hari nanti membuat film tentang pemanasan global dengan Will Ferrell.

TAGS : Ilmuan NASA Perubahan Iklim




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :