Minggu, 28/04/2024 05:02 WIB

Apple Pangkas Harga Iphone di India

Di situs web Apple di India, harga iPhone XR 64 GB tidak berubah pada 76.900 rupee (Rp15,6 juta), tetapi dijual dengan harga kurang dari 59.000 rupee (Rp12,1 juta) di toko-toko. 

Iphone (Foto: The Richest)

Jakarta, Jurnas.com - Apple Inc memangkas harga salah satu iPhone terbarunya di India sekitar seperempatnya, ketika raksasa teknologi Amerika Serikat berupaya meningkatkan penjualan di pasar ponsel pintar terbesar kedua di dunia itu menyusul hal serupa pindah di Cina.

Harga iPhone XR 64 GB telah dikurangi setidaknya 17.900 rupee (Rp3,6 juta) karena kampanye cashback kartu kredit dan pemotongan harga, Kamis (04/04).

"Apple akan mengubah permainan mereka," kata salah seorang sumber yang tak disebutkan namanya dilansir Daylimail.

"Mereka akan mulai masuk ke permainan harga untuk perangkat lain juga tergantung pada bagaimana jumlah mereka meningkat," tambahnya.

Di situs web Apple di India, harga iPhone XR 64 GB tidak berubah pada 76.900 rupee (Rp15,6 juta), tetapi dijual dengan harga kurang dari 59.000 rupee (Rp12,1 juta) di toko-toko.

Harga untuk dua varian XR lainnya juga turun. XR adalah seri termurah di antara iPhone yang diluncurkan Apple tahun lalu.

Penurunan harga terjadi setelah harga iPhone diturunkan di China untuk kedua kalinya tahun ini, karena Apple bergulat dengan penurunan penjualan berkepanjangan di pasar ponsel pintar terbesar di dunia sebagian karena ekonomi yang melambat.

Di India, iPhone Apple menghadapi harga yang lebih kompetitif dari handset pesaing dari Samsung Electronics Co Ltd Korea Selatan dan OnePlus China.

"Fokus dari seluruh latihan (pemotongan harga) ini adalah untuk memenangkan pelanggan yang akan berpikir untuk pergi ke Samsung atau OnePlus, untuk membuat mereka berpikir apakah mereka dapat menghabiskan sejumlah uang ekstra untuk iPhone XR - ini lebih baik," kata Rushabh Doshi dari perusahaan riset teknologi Canalys.

Samsung Galaxy S10e terbaru dibanderol dengan harga 55.900 rupee sementara OnePlus 6T mulai dari 37.999 rupee.

Bagian Apple dari segmen smartphone India yang bernilai $ 400-plus berdiri di 23 persen pada tahun 2018, di belakang Samsung dan OnePlus, menunjukkan data dari peneliti teknologi Counterpoint yang berbasis di Hong Kong.

Tetapi dengan pangsa hanya 1 persen dari seluruh pasar ponsel pintar India, Apple merespons tahun lalu dengan memperbaiki strategi penjualan dan distribusinya.

Apple juga berencana untuk meningkatkan produksi lokal dalam suatu langkah yang dapat membantu membatasi dampak perang dagang China-AS. Perusahaan akan segera mulai merakit ponsel kelas atas melalui unit lokal Hon Hai Precision Industry Co Ltd (Foxconn).

KEYWORD :

Harga iPhone India




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :