Jum'at, 26/04/2024 05:36 WIB

Vietnam Desak Malaysia Bebaskan Pembunuh Kim Jong Nam

Permintaan itu datang sehari setelah pengadilan Malaysia membatalkan dakwaan yang sama terhadap perempuan asal Indonesia, Siti Aisyah.

Pemerintah Vietnam mendesak Malaysia membebaskan perempuan asal Vietnam yang dituduh membunuh Kim Jong Nam (Foto: Vincent Thian/AP)

Jurnas.com - Pemerintah Vietnam mendesak Malaysia membebaskan perempuan asal Vietnam yang dituduh membunuh Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara menggunakan racun VX 2017.

Permintaan itu datang sehari setelah pengadilan Malaysia membatalkan dakwaan yang sama terhadap perempuan asal Indonesia, Siti Aisyah.

Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Binh, dalam panggilan telepon dengan rekannya dari Malaysia Saifuddin Abdullah, meminta Malaysia untuk memastikan pengadilan yang adil dan membebaskan warga negara Vietnam, Doan Thi Huong.

Dalam pernyataan terpisah pada Rabu (13/3), pemerintah Vietnam mengatakan Menteri Kehakiman Le Thanh Long telah mengirim surat kepada jaksa agung Malaysia, Tommy Thomas, meminta Malaysia membebaskan Huong.

Teman terdakwa Huong, Siti Aisyah Indonesia, dibebaskan pada Senin (11/3).

Ia dan Huong dituduh meracuni Kim Jong Nam, saudara tiri Kim Jong Un, dengan VX cair di bandara Kuala Lumpur pada Februari 2017. Ia nyaris dihukum hukuman mati.

Minh mengatakan dalam percakapan telepon itu bahwa para pemimpin senior dan rakyat Vietnam telah menaruh perhatian besar pada persidangan.

KEYWORD :

Kim Jong Nam Pengadilan Malaysia Vietnam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :