Selasa, 09/08/2022 02:58 WIB

Senat AS Menolak Deklarasi Darurat Trump

Pada 26 Februari, Dewan Perwakilan Rakyat yang mayoritas Demokratik AS memblokir deklarasi darurat darurat nasional Presiden Donald Trump untuk mendapatkan dana untuk temboknya di perbatasan dengan Meksiko dengan suara 245-182.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengunjungi perbatasan negara itu dengan agen patroli perbatasan di Mission, Texas (Foto: Leah Mills/Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Senat Amerika Serikat pimpinan-Republik ,Mitch McConnell, menolak keadaan darurat nasional -decoration:none;color:red;font-weight:bold">Donald Trump yang dinyatakan untuk membangun tembok perbatasan Meksiko-nya, kemungkinan akan memaksa hak veto pertama presiden AS.

Dilansir CGTN, Dewan Perwakilan Rakyat, yang dikendalikan oleh Demokrat, meluluskan apa yang disebut resolusi ketidaksetujuan dan mengirimkannya ke Senat, yang diperkirakan akan memberikan suara dalam beberapa minggu mendatang.

Senat Republik memiliki keunggulan 53-47. Tetapi empat dari mereka sekarang telah mengumumkan bahwa mereka akan memilih dengan Demokrat untuk memblokir Trump, yang berusaha untuk memotong Kongres untuk membuka dana untuk pembangunan tembok di perbatasan AS-Meksiko yang ia bersikeras akan mengurangi imigrasi ilegal dan perdagangan narkoba.

Beberapa Republikan lainnya, sementara mengumumkan mereka akan memilih melawan Trump, telah menyatakan keprihatinan mendalam tentang langkahnya, dengan alasan itu adalah upaya terang-terangan untuk memperluas otoritas eksekutif.

Mereka memaksa presiden ke posisi yang sulit memveto tindakan dan bertindak dalam oposisi yang jelas terhadap Kongres.

"Saya pikir apa yang jelas di Senat adalah akan ada cukup suara untuk meloloskan resolusi ketidaksetujuan, yang kemudian akan diveto oleh presiden dan kemudian kemungkinan veto akan ditegakkan di DPR," kata McConnell kepada wartawan di Kentucky.

"Saya adalah salah satu dari mereka yang berharap presiden tidak akan mengambil rute darurat nasional," kata McConnell.

Pemimpin Senat mengakui kekhawatiran bahwa seorang calon presiden Demokrat mungkin menggunakan tindakan preseden penetapan Trump sebagai alasan untuk menyatakan darurat nasional untuk mem-bypass Kongres pada isu-isu seperti perubahan iklim, perawatan kesehatan atau pengendalian senjata.

"Itulah salah satu alasan saya berpendapat jelas tidak berhasil kepada presiden bahwa dia tidak mengambil rute ini."

Trump mengumumkan pada 15 Februari bahwa ia akan mengumumkan keadaan darurat nasional untuk memenuhi janjinya membangun tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko.

Pada 26 Februari, Dewan Perwakilan Rakyat yang mayoritas Demokratik AS memblokir deklarasi darurat darurat nasional Presiden -decoration:none;color:red;font-weight:bold">Donald Trump untuk mendapatkan dana untuk temboknya di perbatasan dengan Meksiko dengan suara 245-182.

TAGS : Donald Trump Senat AS -




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :