Kamis, 18/04/2024 21:04 WIB

Menlu Iran Javad Zarif Mengundurkan Diri

Kantor berita IRNA yang dikelola pemerintah mengutip seorang juru bicara, Abbas Mousavi, membenarkan Zarif telah mengundurkan diri.

Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif (Foto: Andreas Gebert/Reuters)

Teheran, Jurnas.com - Mohammad Javad Zarif mengundurkan diri sebagai Menteri Luar Negeri Iran pada Minggu (24/2).  Pengumumaan itu disampaikan lewat akaun Instagramnya.

"Saya meminta maaf kepada Anda untuk semua kekurangan ... dalam beberapa tahun terakhir selama saya menjabat sebagai menteri luar negeri ... Saya berterima kasih kepada bangsa dan pejabat Iran," tulis Zarif di Instagramnya, jzarif_ir.

Kantor berita IRNA yang dikelola pemerintah mengutip seorang juru bicara, Abbas Mousavi, membenarkan Zarif telah mengundurkan diri.

Sejauh ini belum ada kabar secara spesifik mengapa ia mengundurkan diri.

Zarif diangkat sebagai menteri luar negeri pada Agustus 2013, dua tahun sebelum Iran setuju mengurangi program pengayaan uraniumnya dan berjanji untuk tidak mengembangkan senjata nuklir dengan imbalan pencabutan sanksi internasional sebagai bagian dari perjanjian nuklir.

Sebagai pendukung vokal kesepakatan itu, Zarif sejak itu mendapat tekanan dari blok-blok kekuasaan garis keras di Republik Islam yang menentang perjanjian itu, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

Kritik terhadap perjanjian tersebut menjadi semakin intens dalam beberapa bulan terakhir setelah keputusan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump pada Mei untuk menarik diri dari kesepakatan dan menerapkan kembali sanksi terhadap Teheran.

Keputusan Trump itu mendorong mata uang Iran, rial anjlok dan memicu protes sporadis nasional kala itu. (Al Jazeera)

KEYWORD :

Mohammad Javad Zarif Iran Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :