Senin, 04/03/2024 04:50 WIB

Ini Suku Ainu yang Baru Diakui Jepang setelah Ratusan Tahun Terdiskriminasi

Orang-orang Suku Ainu selama ini tinggal di Hokkaido Utara. Mereka diketahui telah lama menderita akibat kebijakan asimilasi paksa dari pemerintah.

Suku Ainu (Foto: AFP)

Tokyo, Jurnas.com – Pemerintah Jepang akhirnya mengakui Suku Ainu sebagai pribumi, setelah etnis minoritas tersebut terdiskriminasi selama puluhan tahun. Pengakuan ini tertera dalam rancangan undang-undang, yang diumumkan pada Jumat (15/2).

Orang-orang Suku Ainu selama ini tinggal di Hokkaido Utara. Mereka diketahui telah lama menderita akibat kebijakan asimilasi paksa dari pemerintah.

Dikutip dari AFP, pemerintah mengklaim praktik diskriminasi dalam beberapa waktu terakhir sudah berkurang secara bertahap, kendati kesenjangan pendapatan dan pendidikan tetap ada.

“Penting untuk melindungi kehormatan dan martabat rakyat Ainu, dan menyerahkan mereka kepada generasi berikutnya untuk mewujudkan masyarakat yang dnamis dengan nilai-nilai yang beragam,” ujar juru bicara pemerintah Yoshihide Suga kepada awak media.

“Hari ini kami membuat keputusan kabunet tentang undang-undang untuk melanjutkan dengan kebijakan menjaga kebanggaan rakyat Ainu,” lanjut dia.

Diketahui, RUU ini merupakan regulasi pertama yang mengakui Ainu sebagai masyarakat adat. Isinya menyerukan kepada pemerintah untuk membuat kebijakan futuristik, termasuk upaya mendukung ekonomi dan pariwisata masyarakat lokal.

Suku Ainu telah lama menderita akibat penindasan dan eksploitasi dari pemerintah Jepang pada akhir abad ke-19. Negeri Sakura bahkan melarang Ainu mempraktikkan adat dan menggunakan bahasa mereka.

Secara tradisional Ainu mengimani animisme, aliran kepercayaan yang meyakini makhluk halus dan roh-roh gaib. Para pria Ainu memiliki kebiasaan memelihara jenggot, sementara perempuan mereka memenuhi wajah dengan tato sebelum menikah.

Adapun populasi Ainu diperkirakan sebanyak 12.300 menurut survei yang dilakukan pada 2017 lalu. Angka ini belum dapat dipastikan, karena banyak penduduk Suku Ainu terintegasi ke dalam masyarakat arus utama, dan menyembunyikan akar budaya mereka.

KEYWORD :

Suku Ainu Jepang Asimiliasi Paksa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :