Senin, 27/09/2021 17:50 WIB

Polri Kirim 320 Pasukan Perdamaian ke Negara Konflik

Kapolri Jenderal Tito Karnavian melepas 320 pasukan tim perdamaian Polri ke negara konflik. Ini pesan yang disampaikan.

Pasukan Tim Perdamaian Polri siap bertugas di Negara Konflik. (Foto : Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Upacara keberangkatankontingen Satgas Garbha II FPU 11 Unamid, Satgas Garbha FPU 1 Minusca, dan IPP Polri 2019 telah dilaksanakan. Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menghadiri upacara tersebut.

Upacara keberangkatan pasukan perdamaian ke berbagai negara konflik ini digelar di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.  Tito Karnavian menyampaikan, keberangkatan satgas ini sebagai bentuk kepedulian Polri untuk menjaga perdamaian dunia.

Ditegaskan Tito, sebanyak 320 anggota perdamaian Polri (peacekeeper) yang dikirim ke luar negeri setelah diseleksi ketat dan melalji proses yang panjang.  

“Keikutsertaan Polri dalam perdamaian dunia sejak 1989, di dalam berbagai misi, sudah 2.594 peacekeeper. Kemudian salah satu isu prioritas salah satunya peningkatan kapasitas pasukan pengamanan PBB, termasuk peran perempuan di dalamnya,” ungkap Tito Karnavian dalam sambutannya, Kamis (14/2) di Mabes Polri.  

“Saya minta jaga betul nama baik negara. Selama ini negara Indonesia selalu menjadi yang terbaik dalam misi perdamaian dunia. Kita jaga sebaik-baiknya dan ikuti aturan yang ada,” imbau Tito kepada anggotanya.

Dalam upacara itu dihadiri juga oleh Wakapolri Komjen Pol Ari Dono, Kabareskrim Komjen Pol Idham Azis serta Kabaintelkam Polri Komjen Pol Unggung Cahyono. Sebanyak 320 peacekeeper melakukan yel-yel pasukan perdamaian di lokasi acara.

TAGS : Tito Karnavian Negara Konflik Pasukan Perdamaian




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :