Jum'at, 19/04/2024 13:47 WIB

Tok, Jokowi Cabut Remisi Pembunuh Jurnalis Radar Bali

Pencabutan tersebut dilakukan pada Jumat (8/2) kemarin, setelah muncul gelombang protes atas remisi yang sebelumnya diberikan kepada Susrama.

Jokowi bicara di layar raksasa JogjaROCKarta. (Foto : Rajawali Indonesia Communication).

Jakarta, Jurnas.com - Presiden RI Joko Widodo akhirnya resmi mencabut remisi untuk I Nyoman Susrama, pelaku pembunuhan jurnalis Radar Bali AA Gde Bagus Narendra Prabangsa.

Pencabutan tersebut dilakukan pada Jumat (8/2) kemarin, setelah muncul gelombang protes atas remisi yang sebelumnya diberikan kepada Susrama.

"Sudah sangat jelas sekali sehingga sudah diputuskan sudah saya tandatangani untuk dibatalkan," kata Presiden Joko Widodo seusai acara Festival Terampil di Jakarta, pada Sabtu (9/2).

Sebelumnya, lewat Keputusan Presiden Nomor 29/2018-2019, Susrama bersama 114 terpidana lain mendapat remisi perubahan hukuman dari penjara seumur hidup menjadi pidana penjara sementara karena dinilai berkelakuan baik pada Januari 2019.

Keputusan Presiden Jokowi mendapatkan kecaman dari kalangan jurnalis dan pegiat HAM. Presiden Joko Widodo mengaku membatalkan remisi kepada Susrama karena mendapat sejumlah masukan dari masyarakat.

"Setelah mendapatkan masukan-masukan dari masyarakat, dari kelompok-kelompok masyarakat, juga dari jurnalis, saya perintahkan kepada Dirjen Lapas Kemenkumham untuk menelaah dan mengkaji mengenai pemberian remisi itu karena ini menyangkut mengenai rasa keadilan masyarakat," kata Presiden Joko Widodo.

Revisi atas Keppres 29/2018 tersebut telah sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan.

Nyoman Susrama dihukum seumur hidup setelah dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Negeri Denpasar karena membunuh Prabangsa.

Hakim meyakini motivasi pembunuhan itu adalah pemberitaan di Harian Radar Bali yang ditulis Prabangsa pada 3, 8 dan 9 Desember 2008. Berita tersebut menyoroti dugaan korupsi proyek-proyek di Dinas Pendidikan Bangli.

Hasil penyelidikan polisi, pemeriksaan saksi dan barang bukti di persidangan menunjukkan Susrama adalah otak di balik pembunuhan itu. Ia diketahui memerintahkan anak buahnya menjemput Prabangsa di rumah orang tua Prabangsa di Taman Bali, Bangli, pada 11 Februari 2009.

Prabangsa lantas dibawa ke halaman belakang rumah Susrama di Banjar Petak, Bebalang, Bangli. Di sanalah ia memerintahkan anak buahnya memukuli dan akhirnya menghabisi Prabangsa. (Ant)

KEYWORD :

Jurnalis Radar Bali Joko Widodo Wayan Susrama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :