Sabtu, 20/04/2024 21:17 WIB

Peristiwa Sejarah 29 Januari

Tanggal 29 Januari yang jatuh pada hari ke-29 dalam kalender Gregorian dengan 336 hari (atau 337 hari dalam tahun kabisat) menjelang akhir tahun menyimpan banyak peristiwa sejarah

Pada 29 Januari 1979, Deng Xiaoping, wakil perdana menteri Tiongkok, dan Presiden AS Jimmy Carter menandatangani perjanjian untuk membalikkan dekade perlawanan AS terhadap Republik Rakyat Tiongkok.

Jakarta - Tanggal 29 Januari yang jatuh pada hari ke-29 dalam kalender Gregorian dengan 336 hari (atau 337 hari dalam tahun kabisat) menjelang akhir tahun menyimpan banyak peristiwa sejarah, di antaranya:

661 - Khulafaur Rasyidin berakhir dengan kematian Khalifah Ali bin Abi Thalib.

757 - An Lushan, pemimpin pemberontakan melawan Dinasti Tang dan Kaisar Yan, dibunuh oleh anaknya sendiri, An Qingxu.

1258 - Invasi pertama suku Mongol ke Đại Việt: Đại Việt mengalahkan pasukan Mongol dalam pertempuran Đông Bá»™ Đầu, memaksa pasukan Mongol mundur dari negeri tersebut.

1595 - Romeo dan Juliet, sebuah sandiwara terkenal karya William Shakespeare, mungkin dipertunjukkan untuk pertama kalinya pada hari ini.

1676 - Feodor III menjadi Tsar Rusia.

1814 - Perancis mengalahkan Rusia dan Prusia dalam Pertempuran Brienne.

1819 - Thomas Stamford Raffles mendarat di pulau Tumasik yang sekarang dikenal sebagai Singapura.

1834 - Presiden AS Andrew Jackson memerintahkan pengerahan pasukan federal untuk pertama kalinya untuk menekan demo buruh.

1845 - "The Raven" dimuat di surat kabar The Evening Mirror di New York, publikasi perdana dengan nama sang penulis, Edgar Allan Poe.

1856 - Ratu Victoria mengeluarkan Surat Perintah bertandatangan dirinya secara manual yang menetapkan penganugerahan bintang jasa Victoria Cross bagi personel militer Inggris yang berjuang dengan gagah berani selama Perang Krimea.

1861 - Kansas masuk ke dalam Amerika Serikat sebagai negara bagian ke-34.

1863 - Pembantaian Sungai Beruang (The Bear River Massacre): Detasemen AD AS California Volunteers dipimpin oleh Colonel Patrick Edward Connor menyerang suku Indian Shoshone di Bear River, Washington Territory (sekarang Idaho), menewaskan ratusan orang, termasuk perempuan dan anak-anak.
1886 - Karl Benz mempatenkan mobil bermesin bensin pertama.

1891 - Liliuokalani menjadi ratu Hawaii yang terakhir.

1907 - Charles Curtis dari Kansas menjadi Senator AS pertama yang berasal dari keturunan suku Indian (Native American).

1916 - Perang Dunia I: Paris dibom dengan balon zeppelin Jerman untuk pertama kalinya.

1918 - Perang Ukrainia–Uni Soviet: Tentara Merah Bolshevik, dalam perjalanan mengepung Kiev, bertempur dengan sekelompok kecil tentara pelajar di Pertempuran Kruty.

1918 - Perang Ukrainia–Uni Soviet: Pemberontakan bersernjata yang diorganisir oleh kaum Bolshevik untuk mengantisipasi Tentara Merah yang melampaui batas bermula di Gudang Senjata Kiev, yang baru dipadamkan 6 hari kemudian.

1933 - Presiden Jerman Paul von Hindenburg melantik Adolf Hitler sebagai Kanselir Jerman.

1940 - 3 kereta api di Jalur Sakurajima di Osaka, Jepang, saling bertabrakan dan meledak ketika mendekati stasiun Ajikawaguchi. 181 orang tewas.

1941 - Alexandros Koryzis dilantik menjadi Perdana Menteri Yunani selepas kematian mendadak pendahulunya, diktator Ioannis Metaxas.

1943 - Perang Dunia Ii: Hari pertama Pertempuran Pulau Rennell, kapal penjelajah AS USS Chicago ditorpedo oleh pesawat-pesawat bomber Jepang dan rusak berat.

1944 - Perang Dunia II: Sekitar 38 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka ketika desa Koniuchy, Polandia (sekarang Kaniūkai, Lithuania) diserang oleh pasukan partisan Uni Soviet.

1944 - Perang Dunia II: Di Bologna, Italia, Teater Anatomi Archiginnasio dihancurkan dalam sebuah serangan udara Sekutu.

1944 - Perang Dunia II: Pertempuran Cisterna d`Asti berlangsung di Italia tengah.

1948 - Partai Sosialis Pakistan berdiri di Karachi.

1959 - Perilisan Sleeping Beauty, film animasi berdasarkan dongeng terakhir yang diproduksi Walt Disney.

1964 - Olimpiade Musim Dingin 1964 dibuka di Innsbruck-Austria.

1976 - Kota Cimahi di tetapkan sebagai kota administratif.

1989 - Hongaria menjalin hubungan diplomatik dengan Korea Selatan, menjadikannya negara Blok Timur yang pertama melakukannya.

1991 - Perang Teluk I: Pertempuran Khafji, kontak senjata darat utama yang pertama, dan yang paling berdarah, selama Perang Teluk I, dimulai.

1996 - Presiden Perancis Jacques Chirac mengumumkan penghentian definitif uji coba senjata nuklir Perancis.

2001 - Ribuan demonstran mahasiswa di Indonesia menyerbu Gedung MPR/DPR dan meminta Presiden Indonesia Abdurrahman Wahid mengundurkan diri karena tuduhan skandal korupsi.

2002 - Presiden Amerika Serikat George W. Bush menamai "rezim pendukung teror" sebagai Poros Setan, meliputi Iraq, Iran dan Korea Utara.

2011 - Tim nasional sepak bola Jepang menjuarai Piala Asia AFC 2011 setelah mengalahkan Tim nasional sepak bola Australia dengan skor 1-0 setelah perpanjangan waktu.

2014 - Elvira Devinamira memenangi ajang Puteri Indonesia 2014.

2015 - Malaysia secara resmi mengumumkan hilangnya pesawat komersial Malaysia Airlines penerbangan MH370 karena kecelakaan dan seluruh awak dan penumpangnya diduga tewas.

2018 - Film Marvel "Black Panther" yang dibintangi oleh Chadwick Boseman, Lupita Nyong`o, Michael B. Jordan dan Danai Gurira, ditayangkan perdana di Hollywood . Itu meraup sekitar $ 1,3 miliar di seluruh dunia di box office.

KEYWORD :

Peristiwa Sejarah Bulan Januari




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :