Selasa, 30/11/2021 16:17 WIB

FBI Ringkus Warga Rusia di Mariana Utara

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan FBI menangkap seorang warga Rusia di Kepulauan Mariana Utara, wilayah Pasifik yang diawasi oleh Amerika Serikat, kemudian membawanya ke Florida.

Pasukan FBI sedang menyelidiki bom yang meledak di Texas, Amerika Serikat

Jakarta - Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan FBI menangkap seorang warga Rusia di Kepulauan Mariana Utara, wilayah Pasifik yang diawasi oleh Amerika Serikat, kemudian membawanya ke Florida. Dokumen pengadilan AS menunjukkan individu yang didakwa dengan tuduhan terkait ekspor barang-barang pertahanan.

"Kedutaan Besar Rusia di Washington mengetahui penahanan Dmitry Makarenko dari saudara-saudaranya," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan Sabtu di situsnya dikutip Detroitnews.

Makarenko ditahan di Saipan bersama istri, anak-anak dan orang tuanya saat mereka mendarat di bandara pada 29 Desember lalu. Makarenko dibawa ke Florida.

Kedutaan Besar Rusia di Washington sedang mencari akses ke Makarenko, dan kementerian menuntut penjelasan atas penangkapan itu. Jaringan pengarsipan elektronik pengadilan AS, Pacer, mengidentifikasi pria itu sebagai Dmitrii Makarenko.

Pengadilan AS di Miami mendakwa Makarenko pada Juni 2017 atas tuduhan konspirasi untuk mengekspor barang-barang pertahanan tanpa lisensi, berusaha mengekspor barang-barang tersebut dan pencucian uang, menurut dokumen di situs pengarsipan elektronik. Kegiatan berlangsung dari April hingga November 2013.

Dokumen pada saat dakwaan mengatakan, Makarenko, yang AS katakan tinggal di Vladivostok, akan memesan barang-barang seperti lingkup penglihatan malam yang tunduk pada lisensi dan mengirimkannya ke rekanan di Florida.

TAGS : Petugas FBI Rusia Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :