Minggu, 13/06/2021 10:23 WIB

Peristiwa Sejarah 03 Januari

Tanggal 03 Januari yang jatuh pada hari ke-3 dalam kalender Gregorian dengan 362 hari (atau 364 hari dalam tahun kabisat) menjelang akhir tahun menyimpan banyak sejarah

Analisis genetik baru mengungkapkan adanya populasi unik penduduk asli Amerika yang tinggal di Alaska sekitar 11.500 tahun yang lalu. Peneliti menamai orang Beringian kuno pada 03 Januari 2018

Jakarta - Tanggal 03 Januari yang jatuh pada hari ke-3 dalam kalender Gregorian dengan 362 hari (atau 364 hari dalam tahun kabisat) menjelang akhir tahun menyimpan banyak sejarah. Salah satunya, Alaska masuk sebagai negara bagian Amerika Serikat ke-49 pada 1959 silam.

Berikut peristiwa sejarah 03 Januari dilansir UPI:

1496 - Leonardo da Vinci mengalami kegagalan dalam percobaan alat terbang.

1777 - Perang Revolusi Amerika Serikat: Pasukan Amerika Serikat dipimpin Jenderal George Washington mengalahkan pasukan Inggris dipimpin Jenderal Lord Cornwallis dalam Pertempuran Princeton.

1815 - Austria, Britania, dan Perancis membentuk traktat pertahanan terhadap Prusia dan Rusia.

1823 - Stephen F. Austin menerima hibah tanah di Texas dari pemerintah Meksiko, yang menjadi cikal bakal Republik Texas dan negara bagian Texas di kemudian hari.

1833 - Britania menguasai Kepulauan Falkland di Atlantik Selatan.

1848 - Joseph Jenkins Roberts dilantik sebagai presiden pertama Liberia.

1861 - Perang Sipil Amerika Serikat: negara bagian Delaware memilih untuk tidak memisahkan diri dari Amerika Serikat.

1868 - Restorasi Meiji di Jepang: Shogunat Tokugawa dihapus; agen-agen Satsuma dan Chōshū mengambil alih kekuasaan.

1871 - Henry Bradley, seorang kimiawan, di Binghamton, New York, mematenkan margarin, yang disebutnya campuran untuk penggunaan hal urusan dapur. Adapun nomor hak patennya adalah US Patent No. 110,626.

1885 - Perang China - Perancis: Pertempuran Núi Bop dimulai.

1888 - Sedotan ditemukan dan dipatenkan oleh Marvin Stone dari Washington.

1919 - Dalam Konferensi Perdamaian Paris, Emir Faisal I dari Irak menandatangi perjanjian dengan pemimpin Zionis Chaim Weizmann tentang pembagian tanah Yahudi di Palestina dan bangsa Arab di sebagian besar wilayah Timur Tengah.

1925 - Benito Mussolini mengumumkan pemerintahan kediktatoran fasis di Italia.

1933 - Minnie Craig menjadi pembicara wanita pertama dari Dewan Perwakilan Dakota Utara. Craig adalah wanita pertama yang memegang jabatan pembicara di Amerika Serikat.

1938 - March of Dimes didirikan oleh Presiden AS Franklin D. Roosevelt.

1944 - Pesawat tempur USMC Pappy Boyington ditembak jatuh di Pasifik oleh pilot Jepang Masajiro Kawato.

1945 - Perang Dunia II: Laksamana Chester W. Nimitz diangkat sebagai panglima Angkatan Laut Amerika Serikat di Pasifik dalam persiapan penyerangan atas Iwo Jima dan Okinawa di Jepang.

1946 - Presiden Ir. Soekarno memindahkan ibu kota Republik Indonesia dari Jakarta ke Yogyakarta karena alasan keamanan setelah pendaratan pasukan Sekutu di Jakarta yang diboncengi oleh pasukan kolonial Belanda (disebut NICA, Netherlands Indies Civil Administration).

1957 - Jam tangan (arloji) elektrik pertama di dunia diperkenalkan di Lancaster.

1959 - Alaska masuk sebagai negara bagian Amerika Serikat ke-49.

1961 - Amerika Serikat memutuskan hubungan diplomatik dengan Kuba setelah Fidel Castro mengumumkan dia seorang komunis.

1962 - Pemimpin Kuba Fidel Castro dikucilkan oleh Paus Yohanes XXIII.

1967 - Jack Ruby , yang membunuh Lee Harvey Oswald, pembunuh Presiden John F. Kennedy, meninggal karena kanker di Dallas.

1969 - Polisi di Newark, NJ, menyita kiriman album John Lennon-Yoko Ono Two Virgins karena foto sampulnya, yang menampilkan ketelanjangan frontal penuh, melanggar hukum pornografi.

1977 - Apple Computer menjadi perusahaan.

1984 - Kebocoran pabrik kimia Union Carbide di kota Bhopal, India. Ratusan orang tewas akibat gas beracun dari pabrik itu.

1990 - Tergulingnya diktator Panama Manuel Antonio Noriega meninggalkan tempat perlindungannya di Kedutaan Vatikan di Panama City dan menyerah kepada pasukan AS . Dia dibawa ke Florida untuk menghadapi tuduhan perdagangan narkotika.

1990 - Diktator Panama Manuel Noriega menyerah kepada pasukan Amerika Serikat yang menginvasi negerinya.

1993 - Presiden Amerika Serikat George Bush dan Presiden Federasi Rusia Boris Yeltsin menandatangani Pakta Pengurangan Senjata Strategis atau Strategic Arms Reduction Treaty (START) kedua di Moskow, Rusia.

1994 - Lebih dari 7 juta warga dari bekas wilayah Bantustan (homeland) resmi menjadi warganegara Afrika Selatan sebagai bagian dari penghapusan kebijakan apartheid.

1996 - Motorola StarTAC, telepon lipat (flip phone) pertama dan salah satu telepon bergerak pertama di dunia yang mendapat respon pasar yang luas, mulai dijual.

2000 - Komik strip "Peanuts" yang terakhir dibuat oleh Charles Schulz dipublikasikan.

2004 - Flash Airline Boeing 737 jatuh tak lama setelah lepas landas di Mesir, menewaskan 148 orang.

2006 - Jack Abramoff, seorang pelobi Washington, setuju untuk mengaku bersalah atas penipuan , korupsi publik dan tuduhan penghindaran pajak, dan untuk bersaksi melawan politisi dan mantan kolega.

2009 - Blok Genesis, blok pertama dari blockchain dari sistem pembayaran terdesentralisasi Bitcoin, didirikan oleh Satoshi Nakamoto.

2012 - Taliban di Afghanistan mengumumkan akan membuka kantor politik di Qatar. Pengamat melihat langkah itu sebagai tanda positif yang dapat mengarah pada pembicaraan damai antara pemberontak dan koalisi Afghanistan yang dipimpin AS.

2014 - Phil Everly dari Everly Brothers ("Bye Bye Love," "Bangun Little Susie," "Yang harus saya lakukan adalah Mimpi") meninggal pada usia 74 di Burbank, California . Everly dan saudaranya, Don, adalah salah satu pemain pertama yang dilantik ke Rock and Roll Hall of Fame.

2015 - Kelompok militan Boko Haram memulai serangkaian serangan terhadap kota Baga di timur laut Nigeria yang berlangsung selama lima hari. Media lokal mengatakan sedikitnya 100 orang tewas, meskipun beberapa laporan menyebutkan jumlah korban jiwa mendekati 2.000 orang.

2018 - Analisis genetik baru mengungkapkan adanya populasi unik penduduk asli Amerika yang tinggal di Alaska sekitar 11.500 tahun yang lalu. Peneliti menamai orang Beringian kuno .

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Januari




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :