Selasa, 05/07/2022 16:42 WIB

Berkat Salah Pengguna Narkoba Tobat

Dua belas persen pencandu narkoba yang melakukan pengobatan tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya.

Mohamed Salah (Foto: Goal)

Kairo - Penyerang Liverpol, Mohammed Salah tak hanya jago dilapangan hijau mengola si kulit bundar. Kini pria 25 tahun itu juga jadi sang idola seluruh rakyat Mesir.

Dengan nama besar Salah itu pun dimanfaatkan pemerintah Mesir untuk mengajak muda-mudi mesir tidak mendekati dan menggunakan barang terlarang, narkoba melalui kampanye "You are Stronger than Drugs" yang dirilis Fund for Drug Control and the Treatmen of Addiction.

Upaya menggaet Mohammed Salah menjadi bintang iklan sekaligus duta untuk memerangi narkoba itu berbuah hasil. Jumlah orang melakukan rehabilitasi tahun ini meningkat sebanyak 116.500.

Menteri Sosial Solidaritas Sosial Mesir, Ghada Wali mengatakan, "Ada peningkatan 12 persen pencandu narkoba yang melakukan pengobatan tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya."

Wali mengatakan, permintaan untuk mendapatkan pengobatan meningkat, khususnya setelah kampanye media diluncurkan pada April dengan partisipasi pemain sepak bola Liverpool Salah.

Sembilan puluh tujuh persen dari mereka yang mencari pengobatan adalah laki-laki. Hotline rehabilitas narkoba di Mesir pun kebajiran telpon yaitu 21,7 persen.

Menurut statistik, pengaruh teman sebay merupakan faktor utama yang membuat pengguna mulai kecanduan. Sekitar 54,8 persen penelpon mengaku diperkenalkan narkoba melalui teman. Sementara hanya 8,6 persen mengatakan telah mencoba-coba narkoba karena penasaran.

Persentase yang sama, 8,4 persen, mengatakan  mencoba narkoba setelah merasa terasing dari keluarga, sementara 4,1 persen dituntun untuk percaya bahwa mereka dapat membantu meringankan kondisi kesehatan yang mereka derita.

TAGS : Mohammed Salah Mesir Pecandu Narkoba




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :