Sabtu, 27/04/2024 00:06 WIB

Empat Warga AS Diperiksa Terkait Kolusi Rusia

Federal Bureau of Investigation (FBI) melakukan pemeriksaan terhadap empat warga Amerika Serikat

Mantan Direktur FBI, James Comey

Washington - Federal Bureau of Investigation (FBI) melakukan pemeriksaan terhadap empat warga Amerika Serikat, terkait dugaan keterlibatan mereka dalam intervensi pemilihan presiden 2016 oleh Rusia.

Demikian disampaikan oleh mantan Direktur FBI James Comey pada Minggu (9/12), dilansir dari Reuters.

Comey juga menyarankan tim penyelidikan Rusia menemukan hubungan antara Moskow dengan Presiden AS Donald Trump selama kampanye.

Comey tidak menyebutkan secara rinci, empat warga AS yang sedang diperiksa. Namun, dia menegaskan Trump tidak termasuk dalam empat warga AS tersebut.

"Kami membuka penyelidikan terhada empat warga Amerika Serikat untuk menemukan hubungan mereka dengan upaya intervensi Rusia," ungkap Comey.

Diketahui, Trump memecat Comey pada Mei 2017, berselang lima bulan setelah ia menjabat posisi tersebut. Tak lama setelah Comey dipecat, Departemen Kehakiman AS menunjuk penasihat khusus untuk menyelidiki dugaan campur tangan Rusia dalam pemilu 2016.

Dalam rapat dengar pendapat pada Jumat lalu, Comey juga diminta bukti oleh anggota kongres dari Partai Republika John Ratcliffe, terkait bukti yang dimiliki oleh FBI.

"Jawabanya adalah iya. Kami punya beberapa alasan untuk mencurigai bahwa ada orang Amerika yang mungkin telah membantu Rusia," ujar Comey dihadapan anggota Kongres AS.

"Keempatnya memiliki hubungan dengan Trump," tandasnya.

KEYWORD :

Penyelidikan FBI Kolusi Rusia James Comey




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :