Senin, 21/06/2021 17:49 WIB

Ada Hegerberg, Pemain Perempuan Pertama Sabet Penghargaan Ballon d`Or

Pemain berusia 23 tahun itu berhasil memenangkan penghargaan yang diselenggarakan majalah France Football  setelah menyingkirkan bintang Denmark seperti Pernille Harder

Jakarta - Striker muda asal Norwegia, Ada Hegerberg memenangkan pernghargaan Ballon d`Or Perempuan 2018 lewat penampilan gemilangnya bersama Lyon. Ia menjadi pemenang edisi perdana untuk pernghargaan perempuan tahun ini.

Pemain berusia 23 tahun itu berhasil memenangkan penghargaan yang diselenggarakan majalah France Football  setelah menyingkirkan bintang Denmark seperti Pernille Harder dari klub Jerman VfL Wolfsburg, dan pemenang terbaik FIFA, Marta dari Brasil.

Hegerberg adalah salah satu dari tujuh pemain dari tim Lyon masuk di antara 15 nominasi, tetapi hanya dirinya yang menang berkat bentuk produktifnya di depan gawang.

Ia adalah pencetak gol terbanyak dengan 15 gol saat tim Prancis memenangkan Liga Champions untuk tahun ketiga berjalan. Salah satu golnya datang di final di Kiev pada Mei, saat Lyon bangkit dari ketinggalan  mengalahkan Wolfsburg 4-1 setelah perpanjangan waktu dan mempertahankan trofi.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada rekan tim saya karena ini tidak akan mungkin tanpa mereka, pelatih saya atau presiden kami Jean-Michel Aulas," kata Hegerberg pada upacara di Grand Palais, tak jauh dari Champs Elysees.

"Saya juga ingin berterima kasih kepada France Football. Ini adalah langkah besar untuk sepakbola wanita," sambungnya dengan penuh bahagia.

Lyon juga memenangkan gelar Prancis untuk musim ke-12 berturut-turut, dengan Hegerberg top-scoring dengan 31 gol, dan saat ia masih terus menggebrak gol untuk timnya yang berada di puncak klasemen lagi musim ini.

Hegerberg, yang kakak tirinya Andrine bermain untuk rival terbesar Lyon di Prancis, Paris Saint-Germain, adalah pemain internasional Norwegia tetapi belum bermain untuk negaranya sejak penampilan mengecewakan mereka di Euro 2017 di Belanda.

 

TAGS : Norwegia Ada Hegerberg Ballon d`Or




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :